Resep

Resep Donat Sederhana dan Hemat Kantong

nomorsatukaltim.com – Siapa yang tak kenal donat? Kue berbahan dasar roti ini sudah menjadi camilan favorit sebagian besar masyarakat. Makanan ini pun mudah dijumpai di mana pun. Baik donat sederhana nan tradisional di pasar, maupun dibuat oleh merek terkenal sekalipun, dengan hiasan topping yang kekinian.

Bagi ibu-ibu yang ingin belajar membuat donat, kami sajikan resep membuat donat sederhana dan hemat kantong, dilansir dari resepkiki.my.id. Selamat mencoba! (zul)

Bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 1 sdm ragi
  • 1/2 sdt garam
  • 75 ml air hangat
  • 5 sdm gula pasir
  • 3 sdm mentega/margarin

Cara Membuat:

  1. Aktifkan ragi terlebih dahulu dengan mencampurkan air hangat, ragi, dan 1 sdm gula. Aduk sebentar dan diamkan kurang lebih 15 menit hingga ragi mengembang/aktif (tujuan mengaktifkan ragi terlebih dahulu agar mengetahui apakah ragi tersebut masih bagus atau tidak)
  2. Siapkan wadah bersih untuk mencampurkan bahan kering seperti tepung terigu, gula, dan garam. Aduk dengan bantuan sumpit atau langsung menggunakan tangan sampai bahan kering tercampur.
  3. Tambahkan ragi yang telah aktif sedikit demi sedikit. Kemudian tambahkan 1 butir telur. Uleni semua bahan hingga tercampur dan mulai kalis.
  4. Jika sudah mulai kalis, tambahkan mentega/margarin. Uleni kembali sampai benar-benar kalis.
  5. Setelah kalis, tutup adonan dengan kain bersih atau plastik wrap dan diamkan kurang lebih 1 jam atau sampai adonan mengembang 2 kali lipat dari ukuran sebelumnya.
  6. Setelah mengembang, kempeskan dan bagi adonan menjadi beberapa bagian dengan ukuran sesuai selera, kemudian dicetak bentuk donat (Jangan terlalu besar, karena nanti masih didiamkan kembali sebelum digoreng). setelah semuanya sudah terbentuk, tutup dengan kain atau plastik wrap kembali hingga mengembang kurang lebih 15 menit.
  7. Panaskan minyak dan goreng donat hingga coklat keemasan (saat menggoreng, api kompor harus diperhatikan agar donat matang merata hingga ke bagian dalam.
  8. Angkat dan hias dengan topping sesuai selera.
  9. Selamat mencoba!

Resep ini telah terbit di Resep Kiki dengan judul Donat Sederhana dan Ekonomis

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button