Universitas Widya Gama Mahakam
HLPolitik

Datang KLB Deli Serdang, Caleg Partai Lain Ngaku Kader Demokrat dari Kaltim

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Kalimantan Timur, menemukan kader partai lain mengikuti Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang, Sumatera Utara, yang mengangkat Moeldoko sebagai Ketua Umum.

Temuan itu diungkap Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Partai Demokrat Kaltim, Ahmad Sukamto, Ahad (7/3/2021). Kader partai lain itu mendaftar peserta KLB dan mengaku sebagai perwakilan salah satu Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

“Dari 7 orang yang diduga menghadiri KLB, beberapa di antaranya saat Pemilu 2019 sudah berstatus sebagai Caleg dari partai lain. Dan sudah ditetapkan bukan bagian dari partai Demokrat,” kata Ahmad Sukamto.

Baca juga: Istana Dinilai Restui Langkah Moeldoko Menjadi Ketum Partai Demokrat

Baca Juga

Kabar peserta KLB dari Kaltim mencuat melalui manifes yang tercatat di salah maskapai di Bandara Internasional Kualanamu Sumut. Ia memastikan terkait dugaan 7 orang asal Kaltim itu bukanlah pemilik suara.

“Mereka adalah pengurus dan ada sebagian kader, serta ada juga kader yang sudah keluar,” kata Sukamto.

“Sesuai AD/ART dan hasil kongres V lalu, yang punya suara sah itu hanya ketua DPC dan ketua DPD. Ini mereka justru menghalalkan segala cara,” tegasnya.

Ia menyebut kelompok kontra AHY mengundang warga Kaltim yang bukan pengurus, atau pengurus tapi bukan ketua. Oleh karena itu, Sukamto menekankan, Kaltim masih solid mendukung hasil kongres V tahun 2020 dengan Ketua Umum AHY.

Baca juga: Pernyataan Lengkap SBY Merespons KLB Demokrat di Deli Serdang

Sukamto yang juga menjabat sebagai ketua DPC Berau menyampaikan, 7 orang yang diduga mengikuti KLB di Sumut itu terindikasi berasal dari beberapa DPC. Di antaranya DPC Berau, Samarinda, Kutai Barat, dan Penajam Paser Utara.

“Untuk namanya saya ga bisa menyebutkan dulu, yang jelas ada dari beberapa DPC,” kuncinya.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button