Politik

MK Mulai Sidangkan Gugatan Pilkada di Kaltim 26 Januari

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Permohonan gugatan terhadap hasil Pilkada Serentak 2020 di Mahkamah Konstitusi (MK) akan segera disidangkan. Dari Kalimantan Timur (Kaltim), ada tiga permohonan gugatan yang masuk. Yakni Balikpapan, Kutai Timur, dan Kutai Kartanegara.

Tiga daerah itu, rencananya akan disidangkan pekan depan. Dari jadwal sidang di Mahkamah Konstitusi, tiga daerah itu akan disidangkan pada Selasa (26/1/2021). Berurutan. Mulai dari Balikpapan, Kutai Kartanegara, dan Kutai Timur. Sidang akan dimulai pukul 13.30 WIB.

Seluruh gugatan, pihak termohonnya, KPU masing-masing daerah tersebut.

“Iya. Kami dapat sudah dapat informasi. Tanggal 26 sidangnya. Teknis sidangnya, bisa online, bisa offline. Tapi kalau kami, datang ke Jakarta (ruang persidangan). Saya berangkat ke Jakarta, antara tanggal 24 atau 25 Januari,” kata Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha ketika dikonfirmasi media ini, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga

Dikatakan Thoha, pihaknya juga telah menyiapkan argumentasi terhadap gugatan. Ia menekankan, jajarannya, bekerja sesuai aturan yang berlaku.

“Objek gugatan adalah surat keputusan KPU tentang perolehan suara. Sah-sah saja itu. Apakah dikabulkan hakim atau tidak, tergantung argumentasi yang dibangun,” ujarnya.

Ia menjelaskan, sidang permohonan gugatan tersebut, ada tiga tahap. Yakni sidang pendahuluan, pemeriksaan dan putusan.

“Tanggal 26 ini, sidang pendahuluan,” tambahnya.

Sementara KPU Kutai Kartanegara, juga sama. Telah menerima kabar pada Selasa tersebut.

“Kami (pastinya) sudah menyiapkan (argumen). Atas apa yang diperkarakan. Kita juga men-hire lawyer. Selama tahapan, KPU selalu bekerja sesuai aturan yang berlaku,” kata Novan Surya Gafilah, komisioner KPU Kutai Kartanegara.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button