Politik

PKB Tunjuk Siswo Cahyono Menjadi Wakil Ketua DPRD Kukar

Ketua DPW PKB Kaltim, Syafruddin saat menyerahkan SK kepada Siswo Cahyono. (Michael/DiswayKaltim)

Kukar, DiswayKaltim.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memperoleh suara terbanyak keempat pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu, telah menyiapkan satu nama yang akan menduduki kursi wakil pimpinan DPRD Kukar periode 2019-2024. Ia adalah Siswo Cahyono, anggota DPRD Kukar dari dapil 1. Siswo Cahyono resmi ditunjuk untuk menempati kursi wakil pimpinan DPRD Kukar bersama Golkar, PDIP  dan Gerindra.

“Dari tiga nama yang diusulkan ke DPP untuk wakil pimpinan DPRD, yang terpilih Siswo Cahyono,” ucap Ketua DPW PKB Kaltim, Syafruddin, Senin (19/8/2019).

Siswo Cahyono sendiri pada Pileg 2019 lalu berhasil meraih suara sebanyak 2.477 suara. Lebih tinggi dibanding dua nama usulan lainnya, yakni Sarpin sebanyak 2.270 suara (Dapil 6) dan Suyono sebanyak 1.840 suara (Dapil 3).

Terpisah, Siswo Cahyono mengutarakan selama dua pileg yakni 2011-2014 dan 201-2019, PKB tidak pernah sekali pun memenangkan kursi.

“Dua periode itu kami zonk,” celetuknya.

Namun, untuk periode ini, PKB Kukar mendapat jatah kursi lima. Adapun suara bulat seluruh anggota DPRD dari PKB mencapai 34.000. Kendati demikian tidak semua dapil berhasil dikuasai oleh PKB.

“Satu dapil, dapil pantai yaitu dapil IV, Samboja, Muara Jawa dan Sanga-Sanga yang kami lepas,” tutupnya.

Diketahui pada pemilu tahun 2019, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhasil memperoleh kursi di DPRD sebanyak 5 kursi, sama seperti Partai Amanat Nasional (PAN) sebanyak 5 kursi. Namun perolehan total suara PKB lebih banyak dibandingkan dengan PAN. (M3/boy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button