Politik

Syarat agar Didukung PKB, Punya Elektabilitas hingga Kemampuan Finansial

Ketua DPW PKB Kaltim, Syafruddin. (Bayong/DiswayKaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Meski belum ada arahan penunjukkan bakal calon kepala daerah, DPW PKB Kaltim menyebut sejumlah nama sudah dikantongi. Tokoh dari sejumlah kabupaten/kota disebut sudah melakukan komunikasi politik.

“Untuk pilwali Samarinda yang hubungi kami ada Andi Harun, Zairin Zain, Meiliana, Barkati, Rusmadi Wongso, Rusman Yaqub,” sebut Ketua DPW PKB Kaltim, Syafruddin.

Baca Juga

Kemudian untuk Kukar, komunikasi juga sudah terjalin dengan Awang Yakub, Edi Damansyah, juga Ketua DPRD Kaltim dari dapil Kukar, HM Syahrun. “Cuma, itu masih say hallo,” tuturnya.

Udin, sapaan akrabnya menambahkan DPP PKB belum keluarkan aturan atau petunjuk teknis terkait penjaringan calon kepala daerah. Yang pasti lanjut Udin, partai punya komitmen dahulukan dulu kader sendiri yang punya potensi untuk didorong maju.

“Setelah kader tidak ada yang siap, baru dijaring calon eksternal. Metode penjaringan ini kami masih menunggu juknis DPP,” jelas Udin.

Syarat bagi calon eksternal untuk diusung pun ketat. Calon harus punya elektabilitas dan popularitas melalui hasil survey. Yang juga tidak kalah penting adalah kesiapan finansial.

“Kami menyebutnya bukan mahar politik tapi cost perjuangan untuk pemenangan. Estimasi belum tahu, tunggu calon. Kalau ditanya kami belum siap untuk hitung estimasi angka-angka,” tandasnya.

Ketua DPW PPP Kaltim, Rusman Yaqub membenarkan lakukan komunikasi politik terkait pilkada dengan Syafruddin.

“Kami sudah lama bangun komunikasi itu, meski baru sebatas ngobrol-ngobrol. Tapi sampai saat ini belum ada keputusan. Komunikasi kami intens dengan PKB Kaltim,” kata dia.

Komunikasi ke partai lain pun juga sudah dijalin. Seperti NasDem, Demokrat, Golkar hingga PDIP.

“Soal ke siapa semua masih bergulir, dan politik itu dinamis. Belum tahu kecenderungan kemana yang jelas,” tukas Rusman. (mic/boy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button