Politik

Diminta Sabar sampai November

Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat (ist.)

Samarinda, DiswayKaltim.com –

Memasuki akhir tahun, aturan teknis bakal calon wali kota jalur perseorangan masih belum jelas. Sedangkan para kandidat punya target dukungan mencapai puluhan ribu KTP. KPU Samarinda akan mengumumkan syarat independen pada November.

Baca Juga

Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat mengatakan, jika belum ada perubahan saat ini masih berlaku Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah. Dalam UU tersebut tertuang syarat independen. Yakni, jika jumlah pemilih di daerah tersebut di atas 500 ribu, maka syarat dukungan dikenakan sebesar 7,5 persen. “Undang-undang tersebut jadi acuan sementara ini. Sebab belum ada revisi undang-undang terbaru. Tapi kalau melihat jangka waktunya, penyusunan revisi saat ini belum memungkinkan,” ungkap dia.

Saat ini KPU Samarinda masih menunggu tahapan PKPU. Belum lagi masuk ke syarat dukungan. September tahapan tersebut dimulai. Firman menegaskan, salah satu syarat dukungan pasti pakai materai. Namun mengenai polanya seperti apa, dirinya mengaku tidak tahu. “Kami juga takut menentukan. Khawatir ada perubahan,” ucap dia.

Dia menegaskan, kalau kandidat pakai PKPU yang lama tentu konsekuensinya akan ada perubahan. Terutama kalau form dukungannya berubah. Dia tidak menyarankan kandidat yang ingin membuat form sendiri. Sebab dia khawatir ketika ada perubahan si kandidat harus kerja dua kali karena menyesuaikan dengan yang baru. “Ini menyangkut aturan. Kami tak bisa menyimpulkan. Apakah materainya satu persatu atau kolektif,” ujar dia. Firman menyebut, November akan diumumkan syarat untuk paslon perseorangan. Sedangkan pendaftarannya pada April 2020.

Bakal Calon Wali Kota Samarinda Jalur Perseorangan Parawansa Assoniwora mengaku optimistis KPU tidak memberatkan. Sejauh ini pihaknya ikut pada undang-undang yang masih berlaku. Lelaki yang akrab disapa Anca menyebut tak ada yang sulit selama masyarakat menginginkan. “Kami belum door to door. Tapi sejauh ini dukungan masyarakat ke posko kami cukup banyak,” ujar dia. (hdd/boy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button