Peristiwa Dunia

Keluarkan Peringatan Tsunami usai Gempa M 7,1, Pemerintah Chile Akui Keliru

JAKARTA, nomorsatukaltim.com – Pemerintah Chile menyesalkan kepanikan yang terjadi akibat pesan singkat berisi peringatan tsunami yang mereka kirimkan ke ponsel penduduk, usai gempa bermagnitudo (M) 7,1 mengguncang negara mereka pada Sabtu (23/1/2021) malam. Mereka mengakui peringatan itu keliru.

Dilansir dari CNN Indonesia, Kementerian Dalam Negeri Chile melalui akun Twitter mereka sebelumnya menyebut gempa berkekuatan M 7,1 melanda daerah mereka Sabtu (23/1/2021) pukul 20.36 malam waktu. Gempa berpusat di 216 kilometer timur laut dari basis ilmiah O’Higgins Chile.

Mereka menyatakan gempa berpotensi tsunami. Karena itulah mereka menyerukan masyarakat di daerah pesisir Antartika untuk menjauhi bibir pantai. Tapi kemudian mereka mengatakan pesan itu dikirim karena sebuah kesalahan.

“Kami ingin memberikan ketenangan pikiran kepada penduduk, memberi tahu mereka bahwa tidak perlu mengevakuasi seluruh wilayah nasional, hanya wilayah Antartika,” kata Miguel Ortiz dari Kantor Darurat Nasional ONEMI dalam sebuah konferensi pers sebagaimana dilansir dari Reuters Minggu (24/1/2021).

Baca Juga

Dia menuturkan, pihaknya menyesali ketidaknyamanan dari pesan tersebut dan mengklaim telah terjadi kesalahan teknis. Kemudian peringatan tsunami untuk Antartika juga telah dicabut.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button