Peristiwa Dunia

Dokter Yunani Ungkap Rahasia Pembuatan Vaksin Sputnik V

Pengembangan vaksin corona di Gamaleya Center, Rusia. (AFP)

Athena, nomorsatukaltim.com – Petros Arkumanis, seorang dokter Yunani, membahas mengapa vaksin COVID-19 Rusia dikembangkan lebih cepat daripada yang lain. Selain itu, apakah vaksin itu memiliki karakteristik tertentu yang membuatnya lebih efektif daripada vaksin lainnya.

Pada awal Agustus, Rusia mengumumkan pendaftaran vaksin COVID-19 pertama di dunia: Sputnik V. Namun pengembangan tersebut menghadapi reaksi negatif dari Barat. Amerika Serikat (AS) dan Jerman telah mengkritik pengembangan vaksin Rusia dan memperingatkan tentang keputusan berbahaya dan tekanan dari Moskow.

Arkumanis, seperti dilansir Sputnik, menuturkan vaksin buatan Rusia merupakan variasi dari vaksin untuk melawan SARS dan MERS, virus corona tertua yang pengembangan vaksinnya belum pernah selesai.

Baca Juga

“Ilmuwan Rusia telah menggunakan teknologi yang mereka rancang selama dua fase pertama pengembangan vaksin melawan virus yang sudah dipelajari ini. Ini menjelaskan hasil yang begitu cepat,” jelasnya. Menurutnya, rahasia vaksin Rusia ada pada adenovirus.

“Adenovirus adalah virus yang menyebabkan apa yang disebut flu biasa. Bayangkan, virus ini memiliki bagian tak bernyawa dari COVID-19 yang menempel padanya. Dengan cara ini tubuh dapat memperoleh antibodi. Teknologi ini mirip dengan yang digunakan oleh Barat. Tetapi ilmuwan Rusia telah menggunakan dua adenovirus manusia berbeda yang menyebabkan flu biasa,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button