KukarPendidikan

Kumala Institute Gelar Diskusi Songsong IKN Nusantara

Apakah Mahasiswa Unikarta Siap Bersaing?

Kukar, nomorsatukaltim.com – Kumala Institute mengadakan diskusi tentang kesiapan sumber daya manusia (SDM) di Kukar dan Penajam Paser Utara (PPU) dalam menyongsong ibu kota negara (IKN) Nusantara di Gedung Rektorat Unikarta, Selasa (10/5/2022).

Kegiatan yang diberi tema: “Peran pemuda dalam penyiapan SDM guna menyambut pemindahan IKN di Kukar” itu juga menghadirkan anggota DPRD Kalimantan Timur dan DPRD Kutai Kartanegara.

Setelah IKN Nusantara ditetapkan Presiden Jokowi tahun 2019 lalu, dikabarkan akan terjadi migrasi besar-besaran sebanyak 2,5 hingga 3 juta orang yang pindah ke Kaltim. Sehingga tentunya, akan terjadi persaingan ketat antara SDM luar dengan SDM asli daerah. Terkhusus di Kukar dan PPU. Itu yang menjadi poin penting Kumala Institute mengadakan diskusi tersebut.

“Pemindahan IKN ke Kaltim ini tentunya menjadi kabar gembira. Karena akan terjadi pembangunan yang masif, khususnya di Kukar,” ucap Founder Kumala Institute, Fery E. Solihin membuka diskusi bersama para mahasiswa.

Pertanyaannya susulannya adalah, apakah Mahasiswa Unikarta siap bersaing di IKN?, kata Fery.

Fery juga mempertanyakan persiapan apa yang telah dilakukan para pemuda-pemudi di Kukar untuk menghadapi migrasi manusia ke IKN tersebut. Serta kesempatan apa yang bisa di dapat Kukar di IKN.

“Tanamkan di kepala kita semua bahwa siapkah kita untuk bersaing dengan pemuda-pemudi yang akan datang ke sini (Kaltim, Red.). Mereka bisa saja dari selebgram, akademis dan lain sebagainya. Tentu saja kita tahu, kompetisinya sangat luar biasa,” terang Fery.

Fery mengkhawatirkan jika pemuda di Kaltim dan khususnya di Kukar ini tidak peduli dengan kondisi itu. “Kita malah belum siap. Karena kita pasti tahu, notabene dan skill mereka pasti di atas kita. Harusnya ini yang menjadi pemicu semangat kita untuk bersaing”.

Diskusi kali ini juga dihadiri anggota legislatif dari DPRD Kaltim dan Kukar. Sebut saja Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji, Wakil Ketua DPRD Kukar H. Alif Turiadi, dan dua anggota DPRD Kukar dari Fraksi Gerindra Ria Handayani dan Sopan Sofian. Hadir juga perwakilan dari Unikarta: yaitu Wakil Rektor 3 Dr Zen Istiarsono.

1 2 3Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button