Opini

Songsong IKN Nusantara, Pemuda Kaltim Bergerak Bersama

Catatan Aji Mirni Mawarni

SEJUMLAH problem krusial masih menggantung-menggelayut jelang pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur. Mulai dari persoalan pendanaan, pertanahan, pengembangan sumber daya manusia (SDM) lokal, problem sosial budaya, hingga persoalan lingkungan dan regulasi.

Pastinya, pemindahan IKN akan berdampak besar bagi struktur masyarakat, cara hidup, serta aspek sosial-budaya-ekonomi masyarakat. Pemerintah harus serius dan terus bergerak membangun SDM lokal. Tahun 2021, tercatat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Samarinda, Balikpapan dan Bontang berada di atas IPM Provinsi Kaltim.

Sedangkan empat posisi IPM yang terendah adalah Mahulu, PPU, Kubar, dan Paser. Kabupaten PPU, lokasi IKN, masih masuk “papan bawah”. Ketimpangan IPM tiap daerah menjadikan daya saing SDM Kaltim secara keseluruhan belum optimal.

Aji Mirni Mawarni

Catatan ini akan menyoroti tentang peran potensial generasi muda Kaltim, selaku SDM yang akan berkiprah membangun daerah, khususnya IKN Nusantara nantinya. Terdapat sejumlah peran potensial yang bisa dijalankan oleh para pemuda, khususnya mahasiswa dalam menyongsong IKN.

Pertama, sejak masa mengenyam pendidikan (kuliah), seriuslah mempersiapkan diri. Kurangi aktivitas yang tidak penting dan membuang-buang waktu. Peluang kerja sangat terbuka di IKN; baik bagi warga Kaltim, maupun luar Kaltim. Kemenaker menyebut pembangunan infrastruktur fisik di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN bakal
menyerap 150.000-200.000 tenaga kerja.

Kedua, matangkan penguasaan hard skills dan soft skills, miliki keunggulan kompetitif. Jadilah SDM andal yang siap berkontribusi nyata dalam pembangunan IKN. Apalagi bagi pelajar dan mahasiswa yang bidang studinya berkaitan secara langsung dan tidak langsung dalam proses pembangunan.

Ketiga, generasi muda harus berperan aktif memperkuat ekosistem digital. Manfaatkan teknologi informasi untuk kebaikan yang luas. Bukan sebaliknya, justru menjadi “korban disrupsi teknologi dan informasi”. Terlebih IKN Nusantara mengusung konsep smart city dengan berbagai dimensinya.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button