Opini

Perjalanan RUU Perwira Pelayaran Niaga

Oleh: Dwiyono Soeyono. – Perwira Pelayaran Niaga

 

Kegelisahan yang dirasakan oleh para Perwira Pelayaran Niaga (PPN) dalam melaksanakan tugas mulianya melayani publik pengguna jasa transportasi laut dalam negara, membuat mereka tidak nyaman karena kasus-kasus yang terjadi, serta merta terjerat pasal-pasal pidana dapat saja menimpa siapapun.

Peran PPN yang sangat penting dalam sistem transportasi laut nasional dan internasional, menuntut pemerintah untuk turut aktif memperhatikan nasib dan kesejahteraan PPN. Termasuk memberikan perlindungan hukum kepada profesi PPN. Hal ini dimaksudkan agar PPN dapat memaksimalkan peran profesi sebagai key of maritime axis. Yang bertujuan menghasilkan layanan publik bagi transportasi laut yang berkualitas hingga skala internasional, atas dasar intelektualitas profesi dan terjaga sebagai profesi berakhlak mulia.

Untuk mengantispasi kegelisahan bagi profesi PPN, maka IKPPNI sebagai organisasi profesi PPN menindaklanjuti dengan bersurat kepada Presiden RI tanggal 17 Mei 2022. Untuk mendorong pemerintah agar hadir untuk membuat undang-undang perlindungan profesi PPN.

Respon tanggap dan positif langsung muncul dari pihak Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Kementrian Perhubungan dengan mengundang IKPPNI untuk menindak lanjuti surat yang dilayangkan. Pertemuan diadakan di Gedung Kementerian Perhubungan pusat pada tanggal 5 Juli 2022.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button