Diikuti 10 Perguruan, IPSI Balikpapan Gelar Seleksi Atlet Popda

Balikpapan, nomorsatukaltim.comPekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVI Paser menyisakan sekitar sebulan lagi. Pengkot Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Balikpapan pun langsung mempersiapkan diri.

Mereka menggelar seleksi atlet yang berlangsung di Aula KNPI Balikpapan, Sabtu (9/10/2021) kemarin. Mempertandingkan 22 kelas, para pendekar dari 10 perguruan ini siap menjadi yang terbaik.

Ketua Pengkot IPSI Balikpapan Muhaimin mengatakan ada 16 kelas kumite dan 6 kata yang dipertandingkan. Mepetnya waktu membuat pengurus mesti gerak cepat. Setidaknya data atlet yang akan diboyong ke Paser mesti segera masuk di Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan.

”Besok sudah harus masuk datanya ke DPOP Balikpapan. Makanya kami sudah harus menentukan para pendekar terbaik,“ kata Muhaimin didampingi Ketua Panitia Kurnia Effendi seusai pembukaan.

Terkait target di Paser nanti, Muhaimin optimistis bisa juara umum. Dengan modal medali sebanyak-banyak bisa turut mengantarkan Balikpapan sebagai juara umum di multi event olahraga pelajar tersebut. Namun dia juga mesti mewaspadai kekuatan daerah lain di cabor pencak silat tersebut.

”Kutai Kartanegara dan Samarinda daerah yang mesti diwaspadai,“ katanya.

Terkait pemusatan latihan atlet padca seleksi, Muhaimin menyerahkan sepenuhnya pada DPOP Balikpapan. Pengurus cabor hanya mempersiapkan atlet. Di sisi lain latihan rutin tetap berjalan.

”Di internal kami semua atlet tetap rutin latihan di perguruan masing-masing. Jadi kita sudah punya persiapan hingga keberangkatan,” tambah pria yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan tersebut. (FDL2)

 

Leave A Reply