Kempo Tiga Emas, Sepak Bola Kaltim ke Semifinal

PAPUA, nomorsatukaltim.com – Peringkat kontingen Kalimantan Timur di ajang PON XX Papua beranjak naik. Tambahan 3 medali emas dari kempo membuat Benua Etam masuk 10 besar.

Sempat berada di posisi 16, data PB – PON menunjukan Kaltim  masuk peringkat ke 8 sampai pukul 20.07 Wita. Kaltim meraih 11 emas, 24 perak dan 29 perunggu.

Medali emas dari cabang kempo siraih dalam dua hari pertandingan sejak Sabtu (9/10), hingga Minggu (10/10).  Para atlet kempo mempersembahkan tiga emas dan dua medali perak.

Medali emas berhasil direngkuh dari nomor Embu Campuran Kix kyukensi, yakni Cesar-Ajeng. Lalu nomor Embu beregu putri atas nama Ekayati Murtafiah-Elis Nurul Huda, dan Fatimah Zohra-Marlina Sari.

Sementara dua medali perak dipersembahkan di nomor Embu berpasangan Mix Yudansha, yang ditorehkan Erik dan Marlina serta Embu beregu putra atasnama Gugun Gunawan-Muhammad Amin, Muhammad Bayu Ramadhan-Sigit Prabowo Kurniawan.

Ketua Pengprov Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Kaltim, Iskandar mengatakan perolehan medali emas dan perak ini patut disyukuri, terlebih di pertandingan berikutnya masih ada peluang untuk mengumpulkan pundi-pundi medali tambahan. Baik emas maupun perak.

“Selasa (besok) masih ada satu nomor lagi, itu ada tambahan peluang emas,setidaknya masih bisa perak,” katanya usai penyerahan medali di arena pertandingan.

Disinggung mengenai target yang dicanangkan pengpror Perkemi Kaltim, Iskandar menyebut capaian medali yang sudah diperoleh atlet Kempo Kaltim telah memenuhi harapan dan target yang dicanangkan.

“Iya, awalnya kami target dua emas saja, tetapi alhamdulillah ini kami dapat tiga emas,” ujarnya.

Ke depan ia berharap Kempo Kaltim mampu mempertahankan prestasi perolehan medali PON, bahkan harus ditingkatkan lagi.

DISELAMATKAN JATIM

Salah satu cabor bergengsi, sepakbola, tims epakbola putra Kaltim akhirnya melenggang ke babak semifinal. Kepastian itu mereka dapatkan usai Tim sepakbola Jatim berhasil membenamkan Jabar dengan skor 2-0, Minggu sore (10/10).

Nasib asuhan Rahmat Hidayat memang harus ditentukan pada laga Jatim vs Jabar. Karena pada pertandingan sebelumnya Kaltim mencatatkan sekali menang sekali kalah, mengumpulkan tiga poin.

Sama dengan Tim Jatim yang menggunduli Kaltim dengan skor telak 5-1, tiga poin. Hanya Jabar yang belum memiliki poin sama sekali.

Tim Jabar memiliki kesempatan lolos semi final jika memenangkan laga versus Jatim cukup dengan skor tipis 1-0. Karena agregat gol. Tapi yang terjadi justru Jatim yang tampil konsisten dengan memenangi dua laga babak enam besar itu.

Jatim sendiri akan menghadapi Tim Aceh di babak semi final. Sementara Kaltim akan menghadapi tim unggulan sekaligus kandidat kuat peraih emas PON, tuan rumah Papua. Kedua pertandingan itu akan di gelar pada Selasa, 12 Oktober 2021. Di Satadion Mandala dan SBY, Jayapura.

Pelatih sepakbola PON Kaltim, Rahmat Hidayat sangat bersyukur atas keberhasilan timnya menembus babak final. Meski harus ditentukan dari pertandingan lain. Baginya dalam sepakbola memang segala sesuatunya bisa saja terjadi. Kini, saatnya menyiapkan strategi menghadapi Papua. *FRD/AVA/YOS

Leave A Reply