Kalteng Putra vs Persiba: Perjalanan Beruang Madu Naik Kasta Dimulai

Balikpapan, nomorsatukaltim.comSetelah dua musim turun kasta, perjalanan Persiba Balikpapan di Liga Indonesia akhirnya dimulai. Ya, Liga 2 2021 resmi bergulir. Tergabung di Grup D, skuat Beruang Madu berada satu grup dengan Mitra Kukar, Sulut United, Persewar Waropen, PSBS Biak dan tuan rumah Kalteng Putra.

Rabu (6/10/2021) hari ini skuat Persiba berhadapan dengan tuan rumah.Secara rekor pertemuan sebenarnya Persiba lebih unggul. Dengan mencatatkan dua kemenangan dan sekali imbang. Musim lalu sebelum kompetisi dihentikan. Persiba menang tipis atas tim berjuluk Laskar Isen Mulang tersebut. Di laga pembuka juga. S

aat itu Persiba sudah dilatih Alfredo Vera. Tiga gol Persiba dicetak Yusuf Efendi, Aji Kusuma, dan Eddy Gunawan. Sayang karena pandemi Liga 2 2020 dihentikan.

Tapi itu hanyalah catatan statistik. Setelah sekira setahun tanpa kompetisi, tentu setiap tim sudah mengalami perubahan. Pertandingan yang bakal berlangsung di Stadion Tuah Pahoe Palangka Raya sangat menarik. Pasalnya kedua tim punya misi naik kasta. Ya, Kalteng sebenarnya sempat promosi ke Liga 1 2019. Tapi masalah internal klub membuat mereka harus kembali ke Liga 2.

Begitu pula dengan Persiba, yang tentu sudah bosan berada di kasta kedua. Terakhir mereka merasakan atmosfer Liga 1 pada 2017 lalu.

Kapten Persiba, Bryan Cesar sangat optimis di laga nanti. Jelas melawan Kalteng Putra yang notabene tuan rumah tidaklah mudah. Kemenangan setahun lalu bagi Bryan tidaklah sebuah jaminan. Karena perubahan komposisi hingga taktik pasti dilakukan kedua tim.

“Kita sudah maksimal mempersiapkan tim untuk besok. Pertandingan besok sangat berbeda dengan musim lalu. Tim pasti sudah evaluasi dan kita bermain di Batakan,” ujar pemain yang akrab disapa Bece tersebut, Selasa (5/10/2021) kemarin.

Meski bermain di kandang Kalteng, Bece yakin bisa mengatasinya. Terlebih Persiba selalu mencuri poin ketika bertandang ke Palangka Raya. ”Laga besok tanpa penonton dan tampil di Kalteng. Pasti tuan rumah punya motivasi. Tapi kami sebagai pemain juga optimis dan bertekad untuk mengamankan tiga poin,” tambah Bece.

Asisten Pelatih Persiba Ilham Romadhona sudah menyiapkan skeman khusus melawan Kalteng Putra. Termasuk mengantisipasi permainan keras yang merupakan ciri khas Kalteng Putra. Pertemuan musim lalu juga menjadi analisa tim pelatih demi memetik tiga poin.

”Kami sudah antisipasi itu soal main keras. Hal itu sudah biasa di sepakbola dan situasional di lapangan. Yang terpenting semua pemain siap,” kata Ilham.

Sementara itu asisten pelatih Kalteng Putera, Edi Sibung sudah punya strategi meladeni permainan Persiba. Tak banyak perubahan di skuat Persiba sedikit menguntungkan baginya. Lantaran pertandingan musim lalu bisa menjadi gambaran bagaimana skuad Alfredo Vera itu memulai permainan.

“Modal kami dari pertemuan terakhir dengan Persiba Balikpapan di Kota Balikpapan. Jadi, kami sudah mengantongi taktik dan permainan lawan,” tegasnya.

Sejauh ini kondisi pemain Kalteng Putra cukup stabil. Melawan Persiba, tim asuhan Eko Tamamie itu bakal bermain menyerang. Begitu pula dengan cuaca di Palangka Raya yang cukup menguras tenaga. Anak asuhnya sudah mempersiapakan segalanya.

“Kami juga memanfaatkan cuaca. Palangka Raya ini kan cukup panas, sehingga akan mengganggu konsentrasi dan fisik lawan. Sedangkan pemain kita sudah terbiasa bermain dengan cuaca di daerah kita,” bebernya. (FDL2)

 

 

Leave A Reply