Persiapan Indonesia Open, Balikpapan Open Pickleball Sukses Digelar

Balikpapan, nomorsatukaltim.comBalikpapan Open Pickleball berakhir sudah. Mempertandingkan tiga kategori, event garapan Pengcab Indonesia Pickleball Federasi (IPF) Balikpapan dan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Balikpapan itu berlangsung di Lapangan Tenis Manuntung, Sabtu (25/9/2021).

Kategori ganda putri dimenangkan pasangan Erna Sanusi-Erni Syamsiah. Ganda campuran milik Gani Kritianto-Taradita. Sedangkan Anna Mufaris-Kristian Adinata memenangkan sektor ganda putra.

Kristian Adinata dan Anna Mufaris pasca pertandingan menungkapkan bermain tenang dan sabar adalah kunci utama. Mengingat keduanya baru pada event ini berpasangan.

”Di turnamen kali ini, persiapan kami cukup matang. Hal tersebut membuat chemistri bisa terjalin,“ ujar Anna Mufaris didampingi Kristian Adinata.

Sementara Ketua Umum IPF Balikpapan Sandy Ardian mengatakan turnamen open tersebut sebenarnya sudah berjalan sejak 5 September lalu. Sekitar 130 pasangan dari berbagai klub turut ambil bagian. Panitia pun cukup baik dalam membagi pertandingan. Tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat selama berlangsungnya pertandingan.

”Perkembangan pickleball di Balikpapan ini cukup pesat ya. Banyak peminatnya. Jika tidak pandemi peserta jauh lebih banyak. Alhamdulillah berjalan lancar berkat dukungan Pengprov IPF Kaltim juga DPOP Balikpapan,” kata Sandy.

Sandy sangat berharap turnamen tersebut bisa meningkatkan kualitas atlet Balikpapan. Sehinga bisa berbicara banyak di kejuaraan tingkat provinsi maupun nasional.

Berlangsungnya Balikpapan Open Pickleball juga dipantau langsung oleh Pengprov IPF Kaltim. Pargiyanto, sekretaris umum Pengprov IPF Kaltim sangat mengapresiasi gelaran tersebut. Setidaknya merupakan bentuk nyata komitmen Balikpapan mempopulerkan olahraga asal Amerika Serikat itu.

”Sinergitas yang ditunjukan semua pihak sangat baik. Sesuai motto easy and fun, membuat mereka saling bahu membahu memajukan pickleball,” jelas Pargiyanto.

Ajang tersebut juga sebagai langkah persiapan atlet Balikpapan untuk mengikuti kejuaraan nasional bertajuk Indonesia Open. Rencananya berlangsung di Padang, Desember mendatang.

”Di Kaltim sudah ada 15 pasang yang berencana ikut di kejuaraan tersebut. Termasuk atlet-atlet Balikpapan yang ikut di Balikpapan Open ini,” tambahnya.

Mewakili pemerintah kota, Kabid Olahraga DPOP Balikpapan M Norhan siap mendukung olahraga di Balikpapan. Terutama dalam memudahkan cabor untuk mendapat sarana dan prasarana.

”Tidak semua cabor punya sarana dan prasarana. Saya berharap, ke depan Kota Balikpapan dengan dukungan DPRD Balikpapan bisa membangun semacam komplek olahraga,” ujar M Norhan.

Khusus untuk pickleball, ia berharap ke depan semakin maju lagi. Terutama hal pembinaan. Sosialisasi di usia dini harus terus dilakukan.

”Mungkin saat ini pickleball masih olahraga masyarakat. Tapi ke depan sudah harus berfikir prestasi. Jadi pengembangannya harus bisa kontinu,” harapnya. (fdl2)

 

Leave A Reply