Olahraga

Cosmo E-Sport Ingin Melangkah Jauh

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Walau tidak semua memainkannya. Kalangan milenial tentu sudah sangat familiar dengan e-Sport. Gim konsol, PC, ataupun mobile yang kini telah menjadi cabor prestasi. Demam e-Sport juga telah sampai di Tenggarong, Kukar. Seperti apa perkembangannya?

Perkembangan e-Sport di Indonesia terbilang sangat cepat. Dalam beberapa waktu dekat ini, banyak tim e-Eport Tanah Air, yang berhasil berbicara banyak di turnamen internasional sejak 2018 lalu.

Tahun lalu, tim-tim terbaik Ibu Pertiwi telah berhasil mendapatkan gelar juara. Seperti MPL Invitational pada Mei 2020.

Ini juga yang menjadi inspirasi bagi Cosmo E-sport. Tim olahraga elektronik ini lahir di Kota Raja. Tepatnya 19 September 2018. Pemainnya pun asli dari kota tersebut.

Baca Juga

“Rata-rata umurnya 20-an,” terang CEO Cosmo E-sport, Arnold Manggala Tangkudung, 21 Februari 2021.

Arnold mengatakan, olahraga elektronik ini memang sudah menjadi tren di Tenggarong. Situasinya pun mendukung. Di mana digitalisasi bukan suatu hal yang asing lagi.

Tak hanya itu, peran pemerintah pun ada terhadap olahraga elektronik ini. Kini pemerintah menyediakan wadah bagi para atlet e-Sport. Tujuannya tak lain, agar para atlet bisa memberikan prestasi terbaik untuk daerah. Misalnya turnamen Piala Presiden Esports dan Piala Menpora Esports.

Dari sisi bisnis, lanjut Arnold. Tim-tim e-Sport kini sudah dilirik banyak perusahaan. Untuk dijadikan sarana promosi. Meningkatkan nilai brand mereka. Karena segmentasi e-Sport yang semakin luas. Dari sisi perusahaan dan tim e-Sport. Tentu ini jadi peluang yang sama menguntungkannya.

“Kita tinggal duduk di rumah, misalnya ada turnamen online, ikutin. Dan yang menonton jangkauannya seluruh dunia. Ke depannya, tentu kita berharap e-Sport bisa menjadi industri yang sustainable,” katanya.

Pandemi COVID-19 yang banyak berdampak pada penyelenggaraan event olahraga. Nyatanya tak begitu dirasakan e-Sport. Karena memang bisa dilakukan dari jarak jauh. Tanpa adanya kontak fisik apapun.

Asal serius, menggeluti dunia e-Sport juga menjanjikan masa depan. Karena jika mampu memenangi kejuaraan besar. Hadiahnya terbilang sangat wah. Bahkan tim-tim sepak bola profesional pun saat ini sudah membuat divisi e-Sport. Sebagai pengembangan brand mereka. Yang juga masih di jalur olahraga prestasi.

“Di luar (negeri) sudah membuat itu (divisi). Seperti Manchester United, ada divisinya. Kalau lokalan, Borneo FC itu buat juga,” tegasnya.

 

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button