Olahraga

Modal Bagus Pecatur Balikpapan Jelang Pra Porprov 2021

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Lama tidak ada kejuaraan. Sekali kejuaraan, catur Balikpapan jadi juara umum. Mereka meraihnya di turnamen open Piala Bupati Kukar 2021. Yang berlangsung pada 9-10 Januari lalu.

Ada 118 atlet se-Kaltim yang ikut serta. Maklum, hampir sepanjang tahun 2020 tidak ada kejuaraan. Maka turnamen di awal tahun ini sangat tinggi antusiasmenya. Kota Balikpapan menjadi raja di turnamen itu.

Dua emas ditorehkan dari nomor tanding catur cepat oleh Ramadhan dan catur kilat M Sultan.  Hasil tersebut tentu menjadi catatan penting bagi Pengkot Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Balikpapan. Mengingat tahun ini mereka bakal melakoni Pra Porprov dan Porprov VII Kaltim 2022 mendatang di Berau.

“Kerja keras dari atlet semua. Kita tidak boleh berpuas diri pada hasil yang kemarin. Tetap mesti punya motivasi tinggi. Kita tidak tahu setiap atlet kan selalu berubah. Mesti bisa menjaga konsistensi atlet,” kata Ketua Pengkot Percasi Balikpapan Wagimin, belum lama ini.

Baca Juga

Turnamen open Piala Bupati Kukar 2021 ini menurut Wagimin. Memiliki arti lebih. Karena seluruh daerah di Kaltim hampir dipastikan menurunkan kekuatan terbaiknya. Maka peta-peta kekuatan mulai tampak. Siapa yang kemajuannya pesat. Siapa yang melambat.

Hal ini penting karena selama pandemi COVID-19. Kekuatan catur di Kaltim berubah drastis. Bersamaan dengan pola latihan yang berubah itu. Karena sempat cukup lama tidak dibolehkan berlatih tatap muka. Dari sini, Percasi Balikpapan bisa berkaca. Tentang sejauh mana kesiapan mereka untuk menghadapi Porprov. Juga melihat kekuatan dari daerah lain.

“Hasil itu juga jadi tergambar bagaimana kekuatan daerah lain. Karena rata-rata atlet yang diturunkan sama dengan yang di Pra Porprov nanti. Samarinda masih jadi pesaing terberat kami,” tambahnya.

Pra Porprov nanti rencananya digelar pertengahan tahun ini berlangsung di Samarinda. Nantinya Pra Porprov akan dikemas sekaligus dengan kejurprov. Tentu Pengkot Percasi Balikpapan menargetkan sebanyak-banyaknya atlet lolos pada Pra Porprov tersebut.

Maka dari itu Wagimin meminta atletnya tetap punya target dan ambisi. Bahkan mesti banyak mengikuti turnamen. “Bulan depan rencana kita di Balikpapan buat kejurkot catur. Terus bulan tiga ada kejuaraan di Bontang. Setidaknya pemanasan sebelum Pra Porprov,” tegas Wagimin. (fdl/ava)

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button