Olahraga

Merdeka Off-Road Adventure, Cara Kobal Semarakkan Hari Kemerdekaan Ke-74 RI

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Komunitas Off-Road Balikpapan (Kobal) menggelar acara Merdeka Adventure Off-Road 2019. Ini dalam rangka memperingati momentum HUT Kemerdekaan ke-74 RI. Acara berlangsung 3 hari. Mulai 23-25 Agustus 2019.

“Ini garapan teman-teman Kobal. Kobal ini berada di bawah naungan Pencab (Pengurus Cabang) Indonesia Off-Road Federation (IOF) Balikpapan. Kobal ini dibentuk berkenaan dengan momentum 17 Agustus. Sementara IOF Balikpapan diketuai Pak Gatot Koco,” kata Murdiyono, koordinator kegiatan tersebut, Sabtu (24/8/2019).

Bentuk kegiatan Merdeka Adventure Off-Road ini, para off-roader dengan mobilnya menyusuri rute jalur off-road di Balikpapan. Di mana, jalur tersebut dimulai dari masuk rute di depan Mapolda Kaltim. Kemudian menuju arah timur Balikpapan, hingga tembus Balikpapan Timur.

Baca Juga

“Jaraknya sekitar 60 kilomoter. Kita start dari Grand City, kemudian masuk jalur yang ada di depan Polda itu,” imbuhnya.

Kegiatan ini diikuti 49 mobil off-road. Sepuluh mobil asal Grogot, tujuh mobil dari Samarinda dan 32 mobil dari Balikpapan. Dengan jumlah personel termasuk off-roadernya sebanyak lebih dari 50 orang.

Ada beberapa rangkaian kegiatan utama dalam kegiatan susur jalur tersebut. Yakni renungan malam di Padang Savana, jalur off-road berada di daerah pedalaman Balikpapan Timur.

“Jadi para peserta menginap di Padang Savana,” bebernya.

Kemudian penanaman pohon sebanyak 74 bibit pohon di beberapa titik jalur.

“Penanaman pohon di jalur area sebelum Teritip, ada Kampung Dayak di dekat jalan tol. Lalu di area kubangan babi, itu bagian dari nama rute. Rute kali ini, ada kurang lebih delapan area kubangan babi. Untuk jumlah pohon, kita 74 bibit pohon. Setiap off-roader bertanggung jawab atas pohon yang ditanamnya. Kan rute kali ini sering kita lalui alias rutin, jadi bisa sambil cek pohonnya,” jelasnya.

Selain itu, ada juga rangkaian games untuk lebih mempererat tali silaturahmi antar sesama off-roader. Rangkaian ini berlangsung Minggu (25/8/2019). Games berhadiah utama mobil Suzuki Jimny dan uang tunai.

“Total hadiah Rp 32 juta. Itu patungan kita. Karena panitianya kan dari kita untuk kita,” terangnya.

Dikatakan Murdiyono, ada juga rangkaian pemberian santunan kepada warga di Kampung Dayak. Lokasi persis kampung ini, berada kurang lebih 15 kilometer masuk dari Batakan.

“Sehingga, kegiatan merupakan ajang silaturahmi, merekatkan tali persaudaraan antar sesama off-roader, menyemarakkan Hari Kemerdekaan, penanaman pohon alias penghijauan dan juga ada kegiatan sosialnya,” ungkapnya.

Untuk jalur finishnya, berada di jalan tol. Usai menyusuri rute jalur off-road tersebut, seluruh peserta nantinya akan keluar di jalan tol dan tembus di Batakan.

Untuk diketahui, pada Jumat (23/8/2019) lalu kegiatan ini telah dimulai. Rangkaian kegiatannya yakni Scrutineering. Rangkaian itu adalah pengecekkan terhadap seluruh mobil yang menjadi peserta kegiatan, untuk mengetahui kondisi mobil.

“Iya, sehingga kita tahu mobil laik jalan atau tidak,” tutur Murdiyono, yang juga dewan pengawas IOF Kaltim itu. (sah/dah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button