HLOlahraga

Mantan Pelatih Timnas Bakal Jadi Arsitek Persiba

banner diskominfo kaltim

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Usai memecat Salahuddin, manajemen Persiba Balikpapan langsung bergerak cepat mencari pengganti. Bahkan kini sudah mengantongi nama kandidat pelatih skuat Beruang Madu.

Ketua Umum Persiba Balikpapan Gede Widiade menyebut sudah ada dua nama kandidat pelatih Persiba menggantikan Salahuddin. Keduanya memiliki pengalaman dan prestasi yang  cukup mumpuni dalam dunia sepakbola, termasuk pernah menukangi tim nasional.

“Ada dua kandidat, lokal dan asing, nanti akan dipilih salah satunya. Dia terlibat bola lama, track record-nya juga ada. Belum (pernah) melatih di liga 1, tapi penah menangani tim nasional Indonesia,” ujar Gede.

Baca Juga

Hanya saja, kata mantan ketua umum Persija Jakarta itu, saat ini statusnya masih tahap pembicaraan maupun negosiasi. Namun dia menjanjikan dalam waktu dekat akan segera diperkenalkan ke publik pencinta sepakbola di Balikpapan.

“Saya cari pelatih yang punya visi, punya tingkat edukasi yang tinggi. Kita pilih yang terbaik, yang paling cocok, nyaman buat pemain. Finalisasinya nanti, sekarang lagi bicara-bicara, Insya Allah akan mendampingi tim di Biak saat laga tandang,” harapnya.

Dia mengungkapkan, ada beberapa kriteria yang wajib dimiliki pelatih Persiba. Khususnya punya komunikasi yang bagus dan harus bisa menerjemahkan taktik dan strategi yang akan diterapkan kepada pemain di lapangan.

“Bagi saya pribadi bagaimana menerjemahkan strategi di pemain, kan repot kalau pelatih tidak bisa menjelaskan ke pemain keinginannya bagaimana. Komunikasi antara pemain dan pelatih itu harus jalan,” kata Gede.

Gede pun heran, dengan kekalahan yang diderita Beni Oktovianto dkk dari Persik Kediri di Stadion Batakan, beberapa hari lalu. Padahal kata dia, pemain-pemain Persiba memiliki kualitas yang cukup bagus untuk berlaga di liga 2.

“Lawan Persis Solo menang, lawan Persewar Waropen (tandang) draw, lawan Persatu Tuban menangnya bagus 3-0. Ini pasti ada something wrong, makanya saya evaluasi kemarin, dengar masukan dari pihak ketiga, masukan dari pemain. Mungkin ada sesuatu yang harus dibenahi pelan-pelan,” katanya. (K/ajtr/eny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button