Olahraga

Vinales On Fire, Marques Harus Puas Raih Podium 2

banner diskominfo kaltim

Gaya selebrasi Vinales saat memenangkan MotoGP Assen.

Assen, DiswayKaltim.com – Ini memang harinya Maverick Vinales. Rider Monster Energy Yamaha itu mampu mengalahkan duel dengan sang juara Marc Marques pada seri balapan di Sirkuit TT Assen, Belanda, Minggu (30/06/2019).

Vinales yang start di posisi kedua setelah Fabio Quartararo (Petronas Yamah SRT) mampu memaksimalkan posisi hingga balapan berakhir. Pertarungan Vinales dan Marques sudah ditunggu-tunggu setidaknya dari musim lalu. Saat musim kedua Vinales gabung tim Yamaha.

Rider asal Spanyol itu mampu mempertahankan posisi mulai start awal. Kendati sempat didahului penunggang Suzuki Alex Rins yang memimpin pada awal-awal balapan, sebelum akhirnya terjatuh pada pertengahan lap.

A posisi pimpinan diambil Fabio Quartararo. Tim satelit Yamaha ini juga menampilkan performa terbaiknya. Quartararo sempat memimpin beberapa lap. Namun duel Vinales dan Marques terus merangsek ke depan. Dan Quartararo pun harus rela posisi terdepan diambil oleh kedua rider tersebut.

Salip-salipan antara Vinales dan Marques sudah terjadi mulai pertengahan lap. Hingga kedua rider itu berebut posisi terdepan. Tak seperti biasanya, Vinales terus memacu motornya meski dibayang-bayangi baby alien, julukan Marques. Bahkan lap akhir, kecepatan Vinales tak bisa dikejar dan melenggang meraih podium pertama.

Marques pun mengakui kecepatan Yamaha di sirkuit Assen. “Yamaha memang sangat tangguh di Assen. Kita tidak bisa jadi juara tanpa dukungan kecepatan,” kata Marques saat sesi wawancara setelah balapan selesai.

Sementara itu, Vinales tak banyak bicara soal kemenangannya itu. Namun, kebahagiannya tersirat dalam selebrasi yang dia pertontonkan. “Saya tak punya banyak kata untuk ungkapkan ini. Saya ucapkan terima kasih buat tim Yamaha,” ujar Vinales.

Mantan pembalap yang kini menjadi komentator MotoGP, Matteo Guerinoni mengatakan, kemenangan Vinales karena dia mempelajari saat posisi start dan terus dipertahankan hingga muncul kesempatan untuk meraih kemenangan di Assen.

“Dan memang motor Yamaha sangat tangguh di Sirkuit Assen,” jelasnya.

Sementara itu, pembalap Ducati Andrea Dovisiozo hanya mampu finish di posisi ke-4, diikuti Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan Danilo Petrucci (Ducati). (dah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button