Honda DBL East Kalimantan Series 2019

Persembahkan Gelar Juara, Sang Pelatih Hengkang dari SMKN 2 Balikpapan

Hendra telah melatih SMKN 2 Balikpapan selama 19 tahun. Setelah membawa tim ini menggondol gelar juara, dia bakal meninggalkan kursi pelatih. (Foto: Tim DBL

Samarinda, DiswayKaltim.com – M Hendra memutuskan pensiun dari tim putri SMKN 2 Balikpapan setelah membawa tim tersebut meraih gelar juara di Honda DBL East Kalimantan Series 2019, Sabtu (3/8/2019) sore.

Sudah 19 tahun dia melatih tim basket putri dari sekolah tersebut. Gelar juara pertama dan terakhir SMKN 2 Balikpapan ini akan dipersembahkannya untuk menjadi kenangan.

Baca Juga

“Saya akan cari sekolah lain lagi yang bisa saya latih. Saya merasa sudah cukup di SMKN 2 Balikpapan,” ucapnya.

Pada tahun 2015, Hendra sempat membawa tim putri SMKN 2 Balikpapan ke final. Hanya saja, timnya dikalahkan SMAN 3 Samarinda. Artinya, pertemuan kedua kalinya di final ini dianggapnya sebagai titik balik bagi SMKN 2 Balikpapan untuk membalas kekalahannya empat tahun lalu.

Di final yang mempertemukan kedua tim pada 2015, mereka kalah dengan skor 59-41. Kala itu, SMAN 3 Samarinda tampil sebagai juara bertahan. Mental juara membuat tim ini dapat mempertahankan keunggulannya.

Sementara di final Honda DBL East Kalimantan Series 2019, SMKN 2 Balikpapan mengalahkan SMAN 3 Samarinda. Secara keseluruhan, empat kuarter di final ini dimenangkan tim putri SMKN 2 Balikpapan.

Di kuarter pertama, tim ini unggul dengan skor tipis, 4-3. Di kuarter kedua, mereka dapat memperlebar keunggulan dengan skor 18-7. Sementara di kuarter ketiga, Yolanda Rebeca dan kawan-kawannya unggul 34-16.
Pertandingan di kuarter terakhir tak terlalu sulit bagi tim SMKN 2 Balikpapan mendapatkan poin tambahan. Meski unggul, mereka terus mencuri poin. Pertandingan dimenangkan tim tersebut dengan skor yang relatif jauh, 44-24.

Sejak awal Hendra mengingatkan, lawannya memiliki mental juara. Hal itu tidak bermaksud mematahkan semangat anak asuhnya untuk merebut gelar juara.

Dia ingin tim yang dilatihnya memanfaatkan kelengahan lawan.
Dia mengaku, instruksinya diikuti dengan baik oleh para pemain SMKN 2 Balikpapan. “Operannya bagus dan permainan mereka sesuai ekspektasi saya,” katanya. (nq/eny)

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button