PLN Dukung PON XX Papua, Amankan Daya 1.890 kVA

Jayapura, nomorsatukaltim.com – Apresiasi diberikan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) kepada PT PLN.  Atas dukungan terhadap pembinaan cabang olahraga voli nasional.

Terlebih dalam gelaran PON XX Papua. Dimana PLN turut memberi dukungan kelistrikan yang andal. Sehingga para atlet dapat bertanding dengan nyaman. Seperti diketahui, PLN telah ditugasi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir untuk mendukung pembinaan atlet di bawah naungan PBVSI.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua III Bidang Pertandingan Pengurus Pusat PBVSI, Reginald Nelwan. Di sela-sela kunjungan Direksi PLN ke Gelanggang Olahraga Volley Kota di Jayapura. Tempat berlangsungnya pertandingan voli PON XX Papua.

Venue voli ini mendapat atensi khusus. Karena memiliki kebutuhan listrik terbesar di seluruh klaster setelah kebutuhan di Stadion Lukas Enembe. Venue ini jadi bagian dari area UP3 Jayapura. Yang terdiri dari 29 venue multiguna. Lokasinya yang jauh dari Kota Jayapura dengan akses yang menantang, menghadirkan tantangan tersendiri untuk mobilisasi peralatan.

Venue ini memiliki arena dengan kapasitas penonton 2.200 orang untuk voli indoor dan 623 orang untuk voli pasir. Venue pertama yang memiliki tujuh lapangan ini juga istimewa karena menjadi satu-satunya venue dengan lapangan voli pasir di Indonesia yang letaknya berada di atas gunung. Untuk memastikan kemanan di venue ini, PLN pun menyiapkan sebanyak 22 personel demi memastikan kebutuhan daya hingga 1.890 kVA dapat terjaga.

“Kami atas nama Ketua Umum (PBVSI) mengucapkan terima kasih kepada pihak PLN dan Menteri BUMN Erick Thohir. Karena kami kembali bisa diajak kerja sama dengan PLN. Kita berharap kerja sama ini bisa meningkatkan prestasi bukan hanya di level nasional tapi juga di level internasional,” ujar Reginald dalam penyampainnya terkait dukungan kelistrikan oleh PLN. Apalagi lanjut Reginald, Venue ini memiliki kebutuhan penerangan serta AC yang tinggi dan semua bisa dipenuhi PLN dengan baik. “Untuk pasokan sejak awal kita latihan tidak ada masalah. Semua lancar,” ujarnya.

Senada dengan Reginald, Pelatih Kepala Tim Voli Sulawesi Utara Joko Susanto membenarkan pasokan listrik yang memadai dan tanpa gangguan selama PON berlangsung.

“Kami sebagai peserta PON dari cabang olahraga Bola Voli mewakili Sulawesi Utara. Untuk pasokan listrik yang kami lihat di venue voli sangat memadai dan selama ini tidak ada ada gangguan. PLN Sangat mendukung kami. Dari PLN di daerah juga mendukung voli Sulawesi Utara. Terima kasih atas kelistrikan dari PLN untuk bola voli,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dalam kesempatan kunjungan pemantauan sistem kelistrikan itu, turut menyampaikan apresiasinya pada para atlet. Juga mengingatkan para atlet pentingnya menjaga sportivitas selama mengikuti pertandingan di Bumi Cenderawasih. Serta mengingatkan pentingnya masing-masing tim voli menjaga protokol kesehatan selama mengikuti gelaran PON di Papua.

“Tetap jaga sportivitas dan kebugaran tubuh. Semoga kalian bisa membawa hasil yang terbaik,” ucap Zulkifli. Ia pun tak lupa mengingatkan tim Voli akan pentingnya menjaga protokol kesehatan selama mengikuti gelaran PON di Papua.

Pihaknya berharap dengan penugasan membina PBVSI, maka akan dapat meningkatkan prestasi Voli di masa depan. Zulkifli menyebut dalam sinergi BUMN, PLN akan mengupayakan yang terbaik untuk pembinaan atlet voli di Indonesia.

“Mudah-mudahan dengan Kerjasama PLN dan PBVSI, prestasi kita akan lebih baik di waktu mendatang,” harapnya.

Zulkifli yang turut melihat kesiapan Venue Voli dengan dukungan daya listrik 1.890 kVA itu pun mengaku gembira dengan kesigapan jajarannya di lapangan. Pihaknya pun memastikan keamanan pasokan di venue voli, sebagaimana terbukti dalam pembukaan PON XX Papua yang berlangsung lancar dan gemerlap. (adv/bob/boy)

Leave A Reply