Index Berita

Dunia setelah Pandemi, Mendorong Negara-Negara ke Era Proteksionisme

Iklan Ucapan Selamat Rektor Unmul

Jakarta, DiswayKaltim.com – Associate Peneliti ekonomi Muhammad Zulfikar Rakhmat dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memperkirakan pandemi COVID-19 yang sedang melanda seluruh dunia saat ini akan membawa dunia kembali ke era proteksionisme.

“COVID-19 akan membawa berbagai negara di dunia ke masa kebijakan proteksionisme pernah berjaya, kemungkinan dengan bentuk yang baru,” ujar Zulfikar Rakhmat dalam diskusi daring bertema “Dunia Setelah Corona” di Jakarta, Rabu malam.

Selain itu, dia juga menambahkan dampak yang ditimbulkan COVID-19 tersebut begitu luar biasa terhadap perekonomian global, sehingga kemungkinan mereka yang nantinya melakukan perjalanan baik domestik maupun internasional akan terus menerus mendapatkan penyuluhan mengenai pencegahan COVID-19 tersebut.

“Saya memikirkan kapan pandemi ini akan berakhir? kemungkinan hal tersebut akan lama,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, pengamat ekonomi Indef lainnya, Andry Satrio, menilai negara-negara di dunia pasca pandemi COVID-19 akan lebih ketat dalam mengawasi arus keluar masuk manusia di perbatasannya.

“Setelah ini terjadi, semuanya akan lebih parah di bandingkan perang dagang. Kemungkinan akan terjadi deglobalisasi yang benar-benar ketat, mengingat berbagai negara di dunia akan menutup perbatasannya atau minimal mengawasi perbatasan sangat ketat terhadap para pendatang dari luar,” kata Andry dalam diskusi daring tersebut.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button