Index Berita

Syahruddin Diprediksi Pimpin DPRD PPU 2019-2024

Syahruddin M Noor SE diprediksi memimpin DPRD PPU 2019-2024

Penajam, DiswayKaltim.com – Wakil Ketua DPRD Penajam Paser Utara (PPU) periode 2014-2019, diprediksi akan memimpin lembaga wakil rakyat di Bumi Daya Taka ini periode 2019-2024. Prediksi ini muncul mengacu pada pertimbangan perolehan suara kursi di tingkat legislatif melalui pemilihan legislatif (pileg) April 2019 lalu.

“Apabila mengacu pada perolehan suara kursi di DPRD, maka, komposisi pimpinan bisa oleh Partai Demokrat yang dalam hal ini Syahruddin M Noor SE. Didampingi wakil ketua 1 dari Partai Gerindra, dan wakil ketua 2 dari PDIP,” kata Fadliansyah, fraksi Partai Golkar, salah satu politisi cukup senior yang juga anggota DPRD PPU, kemarin.

Baca Juga

Perolehan suara terbanyak itu sudah mengemuka pada saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019. Melalui rapat tersebut Partai Demokrat meraih suara terbanyak dan merebut posisi ketua DPRD PPU 2019-2024.

Dua partai menyusul di belakang Partai Demokrat, yakni Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan PDI Perjuangan. Meski memiliki kursi sama empat, partai berlambang mercy itu unggul suara di bandingkan dua partai lainnya itu.

Namun apakah benar Syahruddin M Noor yang berpeluang menduduki posisi pucuk pimpinan legislatif?

“Untuk menentukan nama personel itu urusan internal partai. Tetapi, potensi Syahruddin M Noor menjadi pimpinan DPRD memang terbuka,” tuturnya.

Ia menuturkan, setelah pelantikan anggota DPRD segera menyusul tahapan penyusunan alat kelengkapan dewan. Saat itulah, kata dia, salah satunya adalah membahas pimpinan DPRD melalui usulan masing-masing partai yang mendapatkan jatah pimpinan.

Sementara itu, pengamat politik ditingkat lokal, optimistis nama Syahruddin M Noor memimpin lembaga dewan, yang saat ini masih diketuai H Nanang Ali SE dari Partai Golkar itu.

“Hanya memang untuk menentukan nama masih menunggu keputusan dari DPP Partai Demokrat,” ujarnya.

Sejauh ini beredar prediksi nama-nama calon anggota legislatif yang mengisi DPRD PPU. Mayoritas nama-nama baru. Meskipun ada nama-nama lama yang masih bertahan:

Dapil 1 Penajam

Adjie Noval Endyar – PKB

Rauf Muin – Gerindra

Adla Dewata – Gerindra

Syamsudin – PDIP

Muhammad Taufiq Yohansyah – PDIP

Muhammad Yusup – Golkar

Thohiron – PKS

Muhammad Arif Albar – Perindo

Hasri Sahri – PAN

John Kenedi – Demokrat

Syarifuddin HR – Demokrat

Rusbani – PBB

Dapil 2 Sepaku

Abdul Rahman Wahid – Gerindra

Hartono Basuki – PDIP

Sakka – Golkar

Sariman – PKS

Muhammad Bijak Ilhamdani – Demokrat

Dapil 3 Waru- Babulu

Irawan Heru Suryanto – PKB

Sujiati – Gerindra

Sudirman – PDIP

Andi Iskandar Hamala – Golkar

Wakidi – PKS

Zaenal Arifin – PAN

Syahruddin M Noor – Demokrat

Syamsudin Alie – PBB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button