Index Berita

Ini 5 Penyakit Akibat Banjir Samarinda

banner diskominfo kaltim

Samarinda, DiswayKaltim – Banjir di Ibu kota Kaltim yang terjadi sepekan lebih, membawa berbagai penyakit bagi masyarakat.

Di Kelurahan Sidodadi, tercatat sebanyak 595 pasien mendatangi posko kesehatan di kantor Kelurahan Sidodadi, Jalan Dr Sutomo, sejak dibentuk pada Senin (10/6) hingga Minggu (16/6).

Saat ditemui media ini, Senin (17/6) siang, salah satu dokter posko Dr Irwan mengatakan, ada lima jenis penyakit yang diderita para korban banjir. Yaitu gatal-gatal, gastritis, batuk pilek, hipertensi atau tegangan darah tinggi dan nyeri otot.

Baca Juga

“Paling banyak sih gatal-gatal. Menurut data, mulai kami dirikan posko hingga kemarin sebanyak 595 orang yang datang ke posko. Tapi, hingga pukul 14.30 Wita hari ini (17/6) baru 14 pasien yang datang berobat ke posko,” terangnya.

Sementara itu, di tempat berbeda, di posko pengungsian di Gedung PKK Samarinda, Jalan Mayjen S Parman, Survei Len puskesmas Segiri, Mas’ud mengungkapkan, selain memeriksa kesehatan masyarakat, pihaknya juga memberikan vitamin A kepada balita berumur di atas enam bulan hingga umur lima tahun.

Tidak hanya dilakukan di posko kesehatan, pihaknya juga turun ke masyarakat di 18 RT di kelurahan Sidodadi untuk memberikan vitamin tersebut.

“Kami juga langsung turun ke masyarakat. Hingga saat ini, 202 balita yang telah diberikan vitamin A. Pasti jumlah tersebut akan bertambah,” tuturnya.

Dia menargetkan, Selasa (18/6) masyarakat di Kelurahan Sidodadi yang memiliki balita telah mendapatkan vitamin A.

“Untuk pemberian vitamin ini terakhir besok. Kami yakin, akan terlayani semua,” bebernya. (mfy/eny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button