Universitas Widya Gama Mahakam
Nasional

Marak Prostitusi Online, Menkominfo Minta Aplikasi Tutup Akun

JAKARTA, nomorsatukaltim.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mencatat, lebih dari satu juta konten pornografi ditangani pihaknya. Di antaranya akun-akun prostitusi online yang ada di aplikasi pesan instan.

Akun-akun tersebut diperintahkan untuk segera ditutup oleh Menkominfo Johnny G. Plate. Pihaknya pun sudah meminta penyelenggara aplikasi pesan instan itu untuk menaati regulasi yang berlaku.

“Kami sudah meminta komitmen dari pengelola aplikasi pesan instan untuk melakukan take down akun yang disalahgunakan untuk kegiatan ilegal atau melanggar hukum, termasuk prostitusi online,” kata Johnny, dalam keterangan pers yang diterima Antara, Sabtu (20/3/2021), dilansir dari Indoposco.id.

Baca juga: 15 Anak Terlibat Prostitusi Online, Libatkan Artis Cynthiara Alona

Baca Juga

Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah mengetahui ada pengguna internet yang menyalahgunakan aplikasi pesan instan untuk kegiatan yang bertentangan dengan hukum, termasuk prostitusi dalam jaringan.

Berkaitan dengan isu yang berkembang bahwa aplikasi MiChat digunakan untuk praktik prostitusi dalam jaringan, Johnny menyatakan penyelenggara aplikasi tersebut berjanji untuk menutup akun tersebut.

“MiChat sendiri sudah ada perwakilannya di Indonesia, dan sudah berkomitmen untuk melakukan take down akun-akun di MiChat yang disalahgunakan oleh warganet di Indonesia, yang melakukan janji pertemuan ataupun promosi kegiatan prostitusi online, yang dilaporkan oleh Kominfo, Polri, ataupun masyarakat,” kata Johnny.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button