Nasional

Target Vaksinasi Belum Tercapai, Kekebalan Komunal di Indonesia Terancam Molor

Jakarta, Nomorsatukaltim.com – Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Putih Sari, memprediksi target Indonesia mencapai herd immunity alias kekebalan komunal sebesar 70 persen akan molor dari jadwal yang ditetapkan.

Saat ini, kata dia, Indonesia baru mampu memberikan 100 ribu dosis vaksin COVID-19 per hari. Jumlah tersebut jauh dari target yang dipasang pemerintah. Yaitu 1 juta dosis per hari.

“Kalau dari keterangan bahwa target pemerintah untuk program vaksinasi adalah 1 juta dosis per hari, apa yang dilakukan hari ini masih sangat jauh baru 80 ribu dosis per hari. Sehingga ini akan memundurkan waktu pencapaian herd immunity. Hari ini 100 ribu dosis per hari,” kata Putih, Kamis (18/3).

Ia mengakui, herd immunity akan sulit tercapai. Karena ketersediaan vaksin di dunia terbatas. Termasuk Indonesia.

Untuk itu, Putih mendesak pemerintah segera menggenjot persediaan vaksin COVID-19. Agar program vaksinasi dapat berjalan. Demi menekan penyebaran virus.

Menurut Putih, jumlah dosis yang diberikan pemerintah kepada masyarakat harus linear dengan persediaan vaksin yang ada.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memproyeksi, Indonesia bisa mencapai herd immunity pada Maret 2022. Hitungan ini muncul karena Indonesia sudah menggelar vaksinasi virus corona sejak Januari 2021.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button