Universitas Widya Gama Mahakam
Nasional

Eks Dirut Jiwasraya Divonis 20 Tahun Penjara

Jakarta, Nomorsatukaltim.com – Majelis hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menjatuhkan vonis 20 tahun penjara terhadap mantan Direktur Utama (Dirut) PT Asuransi Jiwasraya (AJS) Hendrisman Rahim.

Vonis tingkat banding ini mengurangi putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Yang menghukum Hendrisman dengan penjara seumur hidup.

“Menguatkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 32/Pid.Sus-TPK/2020/PN.Jkt.Pst tanggal 12 Oktober 2020. Yang dimintakan banding tersebut. Dengan mengubah lamanya pidana yang dijatuhkan terhadap terdakwa,” demikian dikutip dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakarta Pusat, Jumat (12/3).

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa tersebut dengan pidana penjara selama 20 tahun dan denda sejumlah Rp 1 miliar. Dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar, maka diganti dengan pidana penjara selama empat bulan,” lanjutnya.

Putusan tingkat banding ini telah keluar pada 24 Februari 2021. Adapun perkara ini diadili oleh hakim ketua Haryono. Dengan hakim anggota masing-masing Sri Andini dan Mohammad Lutfi.

Hakim menilai Hendrisman terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dengan lima terdakwa lain. Atas pengelolaan keuangan dan dana investasi di PT AJS.

Tindak pidana korupsi ini telah menyebabkan kerugian keuangan negara sebesar Rp 16,8 triliun. Angka itu berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan Investigatif dalam Rangka Penghitungan Kerugian Negara Atas Pengelolaan Keuangan dan Dana Investasi pada periode Tahun 2008 sampai 2018 Nomor: 06/LHP/XXI/03/2020 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button