Nasional

Listrik di Jabodetabek Lumpuh, Ternyata Ini Penyebabnya

Ilustrasi listrik padam

Jakarta, DiswayKaltim.com – Pemadaman listrik Minggu (4/8/2019) tak hanya terjadi di DKI Jakarta. Hampir semua daerah penyangga ibu kota mengalami hal yang sama.

PLN mengungkapkan awal mula terjadinya pemadaman listrik serentak di Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten akibat gangguan pada transmisi di Ungaran-Pemalang.

“Pada pukul 11.45 detik ke-22, pada Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 kV Ungaran- Pemalang terjadi gangguan pada sirkuit satu. Kemudian disusul gangguan pada sirkuit kedua, sehingga dua-duanya terjadi gangguan,” ujar Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani di Gandul, Depok, Jawa Barat pada Minggu (4/8/2019).

Sripeni Inten menjelaskan bahwa gangguan tersebut kemudian mengakibatkan terjadinya penurunan tegangan yang menyebabkan jaringan di Depok-Tasikmalaya mengalami gangguan pada pukul 11.48 detik ke-11.

“Inilah awal dari terjadinya pemadaman di sistem Jawa barat, Banten dan Jakarta. Pukul 11.48 WIB, ketiga wilayah mengalami pemadaman,” katanya.

PLN meminta maaf seluas-luasnya kepada seluruh pelanggan PLN yang telah mengalami kondisi yang tidak menyenangkan pada hari ini terkait dengan pemadaman yang terjadi sejak pukul 11.45 WIB.

Saat ini, PLN telah berhasil memulihkan secara bertahap pemadaman listrik dengan mengalirkan tegangan listrik ke Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi (GITET) Balaraja dan untuk selanjutnya menuju ke PLTU Suralaya agar dapat beroperasi secara bertahap mencapai kapasitas 2800 MW.

Dengan masuknya GITET Balaraja yang akan menuju ke PLTU Suralaya, diperkirakan akan beroperasi secara bertahap hingga 6 jam ke depan untuk penormalan seluruh sistem Jawa Barat dan Banten.

Fokus PLN mengirim pasokan ke PLTGU Muara Karang dan PLTGU Priok agar sistem DKI – Jakarta segera pulih. (ant/indopos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button