Nasional

Perempuan Muda Indonesia Taklukkan Tantangan Era Digital

Jakarta, DiswayKaltim.com – Hari-hari ini kita sedang menghadapi sebuah era di mana informasi dapat dengan sangat mudah didapatkan, digunakan, dan dibagikan.

Adanya internet yang dapat diakses lewat smartphone dan gadget, memunculkan kebiasaan yang baru baik dari segi interaksi maupun penggunaan waktu, apalagi dengan munculnya media sosial.

  1. Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna internet tertinggi di dunia, terutama dalam hal penggunaan media sosial yang mencapai 56 persen dari total populasi, naik 20 persen dari tahun 2018.
  2. Hal tersebut didukung dengan hasil survei yang dilakukan oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia) pada tahun 2018, di mana dari total 256,2 juta orang Indonesia, sekitar 143,26 juta orang Indonesia adalah pengguna internet, dengan mayoritas dari pengguna media sosial adalah perempuan.
  3. Namun, penggunaan media sosial selalu memiliki dampak dua sisi, yakni positif dan negatif. Penggunaan yang berlebihan ternyata dapat mempengaruhi produktivitas dan kesehatan mental terutama perempuan muda Indonesia yang merupakan pengguna mayoritas media sosial, memiliki budaya koneksi, interaksi, dan relasi yang berbeda karena lahir di era digital.

Dalam peluncuran program youth women empowerment tahunan Marina, yakni Marina Beauty Journey 2019 dengan tema #SemakinBersinar di Jakarta, Psikolog Vera Itabiliana mengungkapkan, “Media sosial bisa menjadi platform yang baik jika digunakan secara tepat dan tidak berlebihan,” (adl/indopos).

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button