Nasional

Kementerian Agama Tetapkan 1 Syawal Hari Rabu 5/6/2019

banner diskominfo kaltim

Menteri Agama saat konferensi pers setalah Sidang Isbat, Senin 3/5/2019.

 

Jakarta, DiswayKaltim – Menteri Agama Lukmain Hakim Syaifuddin menyampaikan hasil Sidang Isbat Kementerian Agama yang menetapkan 1 Syawal 1440 jatuh pada hari Rabu 5 Juni 2019. Penetapan itu berdasarkan dua hal, hasil hitungan hisab dan rukyah (melihat langsung).

Baca Juga

“Hasil Sidang Isbat tadi disimpulkan bahwa posisi hilal masih di bawah ufuk. Itu berarti hari Selasa (4/6/2019) masih puasa. Lebaran jatuh pada hari Rabu,” kata Lukman, saat konferensi pers di Kementerian Agama Jl MH Thamrin, Jakarta, setalah selesai sidang Senin (3/6/2019) malam.

Menurutnya, tim falakiyah yang juga melibatkan perwakilan planetarium Jakarta, sudah melakukan pengamatan dan hasilnya bahwa posisi hilal masih di antara minus 1 derajat 26 menit dan 0 derajat 5 menit. Yang artinya masih di bawah ufuk.

Hal ini diperkuat pula dengan tim falakiyah dari seluruh provinsi di Tanah Air. Totalnya ada 105 titik pantau yang ada di 33 provinsi. Dan tak satupun petugas rukyah yang menyatakan melihat hilal.

“Itu artinya di seluruh Tanah Air kita, posisi hilal masih di bawah ufuk. Makanya bulan Ramadan tahun ini, digenapkan menjadi 30 hari,” terangnya.

Sidang Isbat semalam juga melibatkan unsur Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan perwakilan ormas-ormas Islam serta perwakilan negara sahabat. (*/dah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button