covid-19Samarinda

Sudah Nol Pasien Kasus COVID-19, Isoter Sempaja Tetap Buka

banner diskominfo kaltim

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Tempat Isolasi Terpusat Stadion Sempaja (Isoter Sempaja) saat ini dalam kondisi nol kasus pasien positif COVID-19. Sudah tidak ada lagi pasien yang dirawat di tempat itu. Semua pasien yang diisolasi telah sembuh dan kembali ke rumah masing-masing.

Kendati demikian, Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni berpesan agar Isoter Sempaja tetap dibuka. Kendati statusnya sudah nol atau tidak ada pasien yang dirawat. Hal itu dilakukan untuk menjaga dan mengantisipasi jika terjadi lonjakan setelah Lebaran awal Mei nanti.

“Pasien yang dirawat di Isoter Sempaja memang sudah tidak ada. Tapi, saya berharap petugas yang ada tetap siaga. Karena, saat ini Covid masih terjadi di Indonesia khususnya Kaltim. Bahkan, yang perlu diwaspadai adalah ketika pasca Lebaran, dikhawatirkan kembali naik,” kata Sri Wahyuni, ketika menerima kunjungan dan laporan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Masitah dan Kepala Dispora Kaltim Agus Tianur di Ruang Kerja Sekda Provinsi Kaltim, Senin (5/3/2022).

Sri mengimbau kepada siapa saja yang memiliki gejala COVID-19 dipersilakan untuk memeriksa kesehatannya di Isoter. Dan Tim Kesehatan yang bertugas akan tetap berjaga hingga pandemi benar-benar berakhir.

Plt Kadis Kesehatan Kaltim Masitah mengatakan, saat ini kasus positif COVID cenderung menurun. Tapi, masih ada daerah yang kondisi wilayahnya menunjukkan zona merah. Karena itu, Pemprov Kaltim mengimbau masyarakat tetap waspada.

“Yang jelas, turunnya kasus saat ini karena screening masyarakat tidak dilakukan bagi pelaku perjalanan. Karena itu, kita tetap mengantisipasi,” jelasnya.

Kadispora Kaltim Agus Tianur mengatakan, prinsipnya Dispora Kaltim siap melaksanakan arahan pimpinan. Terutama pemanfaatan Hotel Atlet di Stadion Sempaja menjadi Isoter. Sebab, pemanfaatan itu bagian dari pelayanan pemerintah daerah kepada masyarakat.

“Jadi, sesuai perintah pimpinan dengan tujuan untuk pelayanan kepada masyarakat. Maka, wajib kita laksanakan. Apalagi, pemanfaatan Isoter tidak kerja sendiri, tapi didukung Dinas Kesehatan Provinsi. Bukan hanya pasca Lebaran, hingga akhir tahun pun Dispora Kaltim siap melaksanakan,” jelasnya. (*/adpimprov kaltim /dah)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button