Universitas Widya Gama Mahakam
Samarinda

PKT Gandeng Polda Kaltim, Amankan Penyaluran Pupuk Subsidi

SAMARINDA, nomorsatukaltim.com – PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menggandeng Polda Kalimantan Timur dalam pengamanan, pengawalan dan penegakan hukum dalam penyaluran pupuk bersubsidi. Kerjasama ini dilakukan dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional.

Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi, mengatakan kerjasama ini merupakan kesinambungan sinergi antara PKT dengan Polda Kaltim, yang sejauh ini terjalin dalam hal pengamanan operasional serta proses bisnis Perusahaan sebagai Objek Vital Nasional (Obvitnas).

Melalui kerjasama ini, PKT ingin memastikan proses distribusi pupuk bersubsidi di wilayah Kaltim dilakukan dengan tepat sasaran, sesuai penerima yang telah ditentukan melalui Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (E-RDKK).

Baca Juga

“Hal ini sebagai upaya PKT menekan potensi penyelewengan distribusi, sehingga pupuk bersubsidi dapat tersalurkan dengan tepat sasaran kepada petani yang berhak menerima sesuai alokasi yang ditetapkan Pemerintah,” ujar Rahmad Pribadi.

Menurut Rahmad, PKT memiliki tanggungjawab distribusi di wilayah Kaltim sebesar 22.000 ton per tahun. Sehingga koordinasi dan pengawasan penyaluran pupuk bersubsidi ditingkatkan, agar terkontrol dengan baik. Melalui pengawasan oleh aparat kepolisian, potensi pelanggaran dalam proses distribusi ke petani dapat diantisipasi, dengan memastikan adanya penegakan hukum jika ditemukan peredaran pupuk yang tidak sesuai aturan di lapangan.

“PKT terus berupaya memastikan produk sampai ke petani sesuai sasaran penerima, karena ketersediaan pupuk merupakan salah satu poin penting terwujudnya ketahanan pangan nasional. Langkah mengamankan proses distribusi pupuk bersubsidi yang tepat sasaran akan terus dimaksimalkan PKT, sehingga kendala dan potensi yang merugikan petani di daerah bisa diantisipasi dengan baik,” terang Rahmad dalam keterangan resmi.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto, mengungkapkan pengamanan proses distribusi pupuk bersubsidi merupakan salah satu prioritas Kepolisian. Mulai tingkat pusat hingga daerah, sebagai bagian dari satuan tugas (Satgas) pangan yang dibentuk pemerintah untuk mengawal kelancaran penyaluran pupuk dari produsen hingga petani.

Melalui nota kesepahaman ini, Polda Kaltim berkomitmen mengoptimalkan pengawasan dan pendampingan proses distribusi pupuk bersubsidi bagi petani di Kaltim.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button