Samarinda

Gedung MPP Pemkot Samarinda Akhirnya Tak ‘Numpang’

SAMARINDA, nomorsatukaltim.com – Akhirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) yang dimiliki Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda tidak menumpang lagi di gedung OPD lainnya. Sebelumnya, MPP ikut nimbrung di Gedung Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Samarinda di Jalan Basuki Rahmat.

MPP sudah resmi pindah di gedungnya sendiri yang berada di Jalan Pahlawan. Tepat pada Senin, 24 Januari 2022, Wali Kota Samarinda Andi Harun me-launching MPP terbaru. Di gedungnya yang baru, MPP tersedia 3 lantai. Suasana yang didapat, luas dan lapang. Desain interiornya ditata dengan modern, dan diramaikan dengan paduan warna kuning.

Terdapat beberapa bilik ruang perwakilan 163 OPD dan non-OPD. Itu tersebar di 3 lantai tersebut.  Ada 16 OPD Pemkot Samarinda dengan 122 layanan, 1 lembaga nonstruktural dengan 1 layanan, 5 kementerian dan lembaga dengan 13 layanan, 2 BUMD dengan 4 layanan, dan 1 OPD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim dengan 1 layanan.

Baca juga: MPP Tinggal 75 Persen, Pelayanan Lebih Terintegrasi

Di lantai pertama, ada pelayanan perizinan berusaha dan non-berusaha, ada pula loket dari Bank Kaltimtara. Lantai kedua, ada layanan Kementerian dan Lembaga. Seperti,PLN, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Lantai 3 untuk OPD.

Tetapi ada beberapa peningkatan. Contohnya saja, di lantai tiga, MPP memberikan fasilitas co-working space agar pengunjung MPP pun bisa bekerja di sana. Tak ketinggalan juga,  ada fasilitas kesehatan, fasilitas playground, ruang nikah, ruang laktasi, dan fasilitas bagi penyandang disabilitas.

Andi Harun menerangkan, keseluruhan bangunan terhitung bagus. Namun, masih ada beberapa catatan yang diberikan. Salah satunya terkait jumlah lift yang masih hanya 1, begitu pula dengan toilet. Ia meminta agar fasilitas ini perlu ditambah.

“Insyaallah kalau tidak sempat di tahun ini, di APBD perubahan atau di APBD Murni 2023. Ini bagian dari mempermudah pelayanan perizinan,” ucapnya kepada nomorsatukaltim.com – Disway News Network (DNN).

Meskipun begitu, Andi mengatakan MPP ini bisa mempermudah urusan perizinan bagi masyarakat sekaligus mengefektifkan pelayanan publik. Di mana seluruh proses dilakukan secara online. Apabila persyaratan pengajuan sudah terpenuhi, maka tinggal diunggah saja dan akan diverifikasi melalui sistem.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button