MetropolisSamarinda

DPRD Samarinda Dukung 2 Proyek Pengendali Banjir Pemkot, tapi ….

Samarinda, nomorsatukaltim.com – DPRD Samarinda mendukung kebijakan pemkot yang akan membangun dua infrastruktur pengendali banjir di kawasan utara Kota Tepian. Namun begitu, sebuah catatan diberikan pada Pemkot Samarinda. Agar dua bangunan itu, jangan hanya dibuat. Namun harus dirawat saban tahunnya.

Anggota DPRD Kota Samarinda M Novan Syahronny Pasie menyambut baik rencana pemkot yang akan membangun Bendungan Pengendali (Bendali) di Kelurahan Pampang, Samarinda Utara. Dan pembangunan tanggul di wilayah Bengkuring.

Di tengah kondisi di mana titik banjir di Samarinda mencakup 8 dari 10 kecamatan. Pemkot dinilai harus tetap berpikir jernih dalam proses penanganannya. Dan agenda Bendali Pampang serta tanggul di Bengkuring yang diniatkan untuk mengurai beban Waduk Benanga. Dinilai Novan adalah langkah bagus.

Baca Juga

“Kalau untuk penanggulangan jangka panjang, memang harus diperbaiki dari hulu. Namun kalau jangka menengah dan pendek, memang harus menormalisasi beberapa titik yang ada di kota,” katanya melalui saluran telepon, Minggu 3 Oktober petang.

Namun begitu, Sekretaris Komisi III tersebut memberi satu catatan. Bahwa fungsi bendali dan tanggul tersebut harus maksimal. Dengan durasi tampung akurat yang lama pula. Karena itu, sangat diperlukan rencana perawatan berkala.

“Karena Waduk Benanga itu, dari area tampung 1 juta sekian kubik, tinggal 400 ribu sekian kubik. Bahkan semakin menyusut tiap tahun.”

“Nah itu kalau tidak dilakukan normalisasi, ya, akan percuma juga. Gitu, lho. Kita tuh kan membangun dengan anggaran yang besar. Jadi otomatis, pemeliharaannya pun harus dianggarkan,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button