MetropolisSamarinda

DLH Samarinda Gaungkan Program Bank Sampah, Kelola Sampah Jadi Rupiah

Program Bank Sampah yang dicanangkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda akan kembali digulirkan. Jika terlaksana, manfaatnya banyak. Selain bisa menghasilkan rupiah, juga mendukung langkah mengurangi banjir dan Samarinda bersih.

————————-

SAMA halnya dengan fungsi bank. Namun ini yang ditabung berupa sampah. Bank Sampah menjadi tempat pengepul sampah. Mengolahnya dengan cara memilah-milah. Sebagian yang bisa dimanfaatkan akan digunakan sebagai bahan baku kerajinan. Sebagian lagi bisa dijual.

Kepala DLH Samarinda Nurrahmani mengatakan, seharusnya hari ini pihaknya berangkat ke Balikpapan untuk belajar secara detail soal pengelolaan Bank Sampah. Namun akibat pandemi COVID-19 yang terjadi di Balikpapan dan menyebabkan kota tersebut berada di zona hitam, Nurrahmani hanya mengizinkan stafnya untuk mengambil alat di sana.

“Cuma mengambil alat pencacah sampah plastik. Alat itu diberikan Badan Wilayah Sungai (BWS). Staf-staf yang kesana saya larang bertemu siapapun dulu karena pandemi,” kata perempuan yang akrab disapa Yama ini, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (2/7) kemarin.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button