Universitas Widya Gama Mahakam
Metropolis

Enam Orang Lolos Seleksi Calon Sekda Kaltim

SAMARINDA, nomorsatukaltim.com – Seleksi terbuka calon Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Sekda Kaltim) tak hanya diikuti para pejabat di daerah. Tercatat pelamar berdatangan dari sejumlah kalangan. Termasuk akademisi dan staf ahli Menteri.

Posisi Sekretaris Daerah merupakan salah satu jabatan prestisius bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Inilah puncak karier bagi seorang abdi negara, lantaran tidak ada jabatan yang lebih tinggi, kecuali kepala daerah. Namun semenjak reformasi bergulir, jabatan kepala daerah merupakan jabatan politik, yang tidak bisa dijabat seorang ASN aktif.

Karena itu, bisa dimaklumi apabila banyak ASN tertarik mengisi jabatan ini. Terlihat dari rekrutmen terbuka yang diumumkan Ketua Panitia Seleksi, Bima Haria Wibisana, 8 November 2021.

Baca Juga

Ada 9 tahapan seleksi Sekda Kaltim, yakni pengumuman (8/11), penerimaan  berkas pendaftaran (8-26/11), seleksi administrasi (29/11), pengumuman hasil seleksi administrasi (30/11), seleksi kompetensi (7-9/12), pengumuman hasil seleksi kompetensi (20/12), penulisan makalah (22/12), seleksi wawancara (24/12), dan pengumuman hasil seleksi (28/12).

Pada Selasa (30/11), Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (JPTM) mengumumkan para pelamar yang lolos seleksi administrasi. Pengumuman ini tertuang dalam surat nomor 005/JPTM/XI/2021.

Terdapat tujuh pelamar yang mengikuti bursa Sekda Kaltim, enam orang dinyatakan lolos. Mereka adalah Kepala Dinas Sosial Kaltim, Agus Hari Kesuma. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim, Diddy Rusdiansyah Anan Dani. Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim, Ismiati.

Staf Ahli Menteri Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes), Muhammad Nurdin. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim, Riza Indra Riadi serta Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim, Sri Wahyuni.

Sedangkan Dosen Lektor Kepala atau Kepala Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (P2LHSDA) Universitas Mulawarman Samarinda Dharma Widada dinyatakan tidak lulus.

Sekretaris panitia seleksi, Muhammad Sa’bani, menerangkan, dengan pengumuman itu, tahapan pemberkasan administrasi telah selesai. “Sesuai dengan syarat yang sudah berlaku di pendaftaran itu.  Yang lulus lanjut, nggak lolos nggak lanjut,” jawab Sa’bani.

Sekda definitif itu mengatakan, peserta yang lolos akan mengikuti tahapan seleksi kompetensi (assessment) mulai 7 Desember 2021 hingga 9 Desember 2021. Tahapan ini dilaksanakan di Pusat Penilaian Kompetensi ASN Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jalan Mayjend Sutoyo Nomor 12, Cilitan, Jakarta Timur.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button