Metropolis

Pangdam Mulawarman Dijabat Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Pangdam Mulawarman berganti. Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso menggantikan Mayjen TNI Heri Wiranto MM M.Tr (Han). Kehadiran sosok perwira tinggi TNI Angkatan Darat (AD) peraih Adhi Makayasa Akmil 1991 itu, disambut dengan ucapan selamat datang pendahulunya, “Selamat datang kembali jenderal,” ujar Heri, menyapa Teguh yang disambut secara resmi oleh segenap prajurit Kodam VI/Mulawarman.

Kemudian, kedua jenderal itu memimpin Apel Kehormatan Serah Terima Jabatan Pangdam VI/Mulawarman dari Mayjen TNI Heri Wiranto MM M.Tr (Han) kepada Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso di Lapangan Kodam VI/Mulawarman, Selasa (9/11/2021).

Dalam sambutannya, Heri mengucapkan selamat datang kepada Panglima Kodam (Pangdam) VI/Mulawarman yang baru, Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso yang telah diamanahkan dan diberi kepercayaan oleh pimpinan TNI AD untuk memimpin di wilayah teritorial Kalimantan Timur, mencakup Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara. “Secara umum selama saya menjabat sebagai Pangdam, kondusif. Dan kita semua bisa melaksanakan tugas dengan baik. Memang sejak awal saya bertugas sudah diletakkan pada situasi pandemi Covid-19 yang pada saat itu cukup tinggi,” ujar Heri.

Ia mengenang situasi pandemi di awal Agustus 2021, menjadi momen berkesan baginya. Yakni bagaimana TNI bersama pemerintah daerah dan seluruh stakeholder bahu-membahu menanggulangi pandemi dalam kebersamaan. “Kita bersyukur hari ini situasi telah membaik,” tukasnya.

Hal kedua yang berkesan baginya yakni ketika TNI bahu-membahu dengan seluruh lapisan masyarakat menghadapi bencana alam banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan. “Dan secara umum sarpras kita jalankan dengan baik. Tapi momentum yang lebih baik pada waktu itu, latihan bersama dengan US Army dalam rangka latihan leadership ke 15 tahun 2021. Alhamdulillah berjalan lancar dan itu semua adalah kerja dari seluruh jajaran prajurit di bawah komando Pangdam VI/Mulawarman,” imbuhnya.

Sementara itu, Teguh Pudjo Rumekso memperkenalkan diri kepada para prajurit Kodam VI/Mulawarman. Teguh bukanlah prajurit baru di lingkungan Kodam VI/Mulawarman. Jauh sebelumnya ia bertugas sebagai Kasi Intel Korem 091/Aji Surya di Samarinda, pernah menjabat sebagai Dandim 0904/Tanah Grogot, ketika Kabupaten Paser masih menjadi satu kesatuan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), tepatnya 2009-2010.

Setelah itu, riwayat kemiliterannya tercatat sebagai Komandan Penerbangan Pusat TNI AD (Danpuspenerbad). “Saya punya squadron di Berau. Saya selalu mendukung kegiatan Pamtas maupun kegiatan-kegiatan hubungan bencana alam yang kemarin terjadi di Kalimantan Selatan,” urainya kepada Disway News Network.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button