Proyek RKB Balikpapan Dibangun 2022 Gegara Ini

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Rencana pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) di beberapa sekolah di Balikpapan terpaksa ditunda. Penyebabnya adalah anggaran daerah yang turut ‘terserang’ virus corona. Karenanya, beberapa usulan pembangunan RKB baru akan dilaksanakan tahun depan.

Sekolah-sekolah yang ada di Kota Balikpapan harus bersabar dulu tahun ini. Rencana pembangunan RKB untuk peningkatan fasilitas ajar. Ditambah tingkat kebutuhan ruang kelas yang saat ini belum sebanding dengan jumlah murid. Belum bisa dieksekusi tahun ini. Karena keterbatasan anggaran Pemkot Balikpapan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan Muhaimin menyebut, keputusan itu telah dibahas dalam pertemuan dengan DPRD Balikpapan terkait pembahasan APBD Perubahan 2021. Di mana postur anggarannya harus dibagi-bagi secara cermat dan efisien, supaya semua program prioritas pemerintah bisa berjalan.

“Untuk tahun ini, kita berencana hanya melakukan beberapa rehab di sejumlah sekolah. Karena pada 2020 hingga sekarang kita masih terdampak pandemi COVID-19,” ujarnya, Jumat (17/9/2021).

Tak bisa dielak memang, pandemi memberi pengaruh pad akas daerah. Bahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), disebutnya harusvberhemat dan melakukan upaya refocusing.

“Maka dari itu yang kita prioritaskan yang wajib. Seperti gaji, insentif dan lain-lain,” katanya.

Namun demikian, Disdikbud disebut Muhaimin sedang menyiapkan Detail Engineering Design (DED) untuk rencana pembangunan RKB Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), agar pada 2022 mendatang sudah dapat dilaksanakan.

Menurutnya rencana penambahan RKB erat kaitannya dengan penyelesaian masalah keterbatasan kapasitas sekolah negeri di Balikpapan. Utamanya saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Selain itu, rencana penambahan RKB di 2022 juga masih dalam proses pembahasan. “Sudah kita usulkan tapi kita masih menunggu perkembangan pembahasan anggaran,” tutupnya. (ryn/ava)

Leave A Reply