Universitas Widya Gama Mahakam
MetropolisSamarinda

Ruang Tahanan Polresta Samarinda Kelebihan Kapasitas

Situas ruang tahanan di Polresta Samarinda. (dok)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Daya tampung sel tahanan kepolisian yang mengalami over kapasitas. Hal tersebut merupakan buntut panjang dari kebijakan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, terkait pemberlakuan asimilasi untuk narapidana (Napi).

Diketahui Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), sudah tidak lagi menerima tahanan titipan. Dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Seperti yang terjadi pada ruang tahanan di Polresta Samarinda dan Polsekta jajarannya. Saat ini sudah mengalami over kapasitas.

Berbanding lurus dengan datangnya tahanan baru, termasuk tahanan milik kejaksaan. Namun tak diperbolehkannya melimpahk tahanan, yang telah tertuang didalam surat keputusan Nomor M.HH.PK.01.01.01-04 dari Kemenkumham RI, tentang penundaan sementara pengiriman tahanan ke Rumah Tahanan (Rutan) atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Kepala Satuan (Kasat) Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polresta Samarinda, Iptu Ketut Witana membenarkan ruang tahanan Polresta Samarinda kini sudah tidak mampu lagi menampung tahanan.

Sebelumnya, Polresta Samarinda selalu menitipkan tahanan yang sedang menjalani proses hukum. Namun dengan adanya kebijakan dari Kementerian Hukum dan HAM soal tahanan baru tidak bisa dititipkan, terpaksa tahanan ditampung sementara di sel Polresta.

“Ideal sesuai volume sel tahanan di polresta ini, hanya mampu untuk 70 orang saja. kalau saat ini jumlah tahanan di polres sudah berkisar 175 orang. Untuk di polsekta rata-rata juga sudah over kapasitas sampai dua kali lipat semuanya,” ungkap Ketut melalui telpon selulernya Jumat (29/5/2020).

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button