Metropolis

Pencari Kerja Banyak dari Luar Samarinda

Ilustrasi.

Samarinda, DiswayKaltim.com – Angka pencari kerja di ibu kota Kaltim tidak sebanding dengan angka lowongan kerja. Persaingan mencari kerja semakin ketat.

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang mengatakan, orang luar Samarinda masih mengasumsikan bahwa ibu kota Kaltim banyak lowongan kerja. Hal tersebut membuat banyak para pendatang yang berlomba-lomba mengundi nasib di Kota Tepian.

Baca Juga

Padahal menurut Jaang, asumsi itu tak sepenuhnya benar.

“Keluarga saya dari Jawa saja saya katakan tidak mudah cari kerja di Samarinda,” papar Jaang.

Makanya, Ketua Partai Demokrat Kaltim itu menegaskan, para pencari kerja harus menyiapkan keterampilan yang mumpuni. Sehingga peluang untuk diterima kerja jauh lebih besar ketimbang yang tidak punya persiapan apapun.

Jaang menambahkan, mereka yang sudah bekerja diharapkan bisa bekerja dengan baik. Dengan cara menunjukkan etos kerja dan kejujuran.

“Jangan malas-malasan. Kalau tidak, kita bisa tersaingi,” ungkap Jaang.

Dia menyebut, Samarinda adalah kota yang terbuka, sehingga tidak bisa menghalang-halangi orang yang mau masuk ke Kota Tepian. Menurut dia, angka pencari kerja yang cukup tinggi itu tak serta merta dari warga Samarinda.

“Banyak juga pencari kerja yang datang dari luar Samarinda,” urai dia.

Diketahui, berdasarkan data Disnaker Samarinda, jumlah pencari kerja menurut pendidikan sebanyak 10.800 pada tahun lalu. Angka ini didominasi lulusan SMA/SMK berjenis kelamin laki-laki sebanyak 4.734. Sedangkan lowongan kerja yang masuk ke Disnaker Samarinda sebanyak 1.225 pada tahun lalu. (hdd/boy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button