Metropolis

Sat Polair Patroli Penggunaan Life Jacket

banner diskominfo kaltim

Jajaran Sat Polair Polres PPU memberikan mengimbau penumpang kapal kelotok mengenakan life jacket. (Sayid/diswaykaltim.com)

Penajam, DiswayKaltim.com – Kesadaran masyarakat menggunakan life jacket saat menggunakan transportasi penyeberangan kapal kelotok dan speed boat masih rendah.

Sat Polair Polres PPU bahkan sampai rutin melaksanakan patroli setiap dua hari. Kasat Polair Polres PPU Iptu Jumain mengatakan, upaya ini untuk menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat akan keselamatan diri dengan menggunakan life jacket.

Baca Juga

“Kalau sedang tidak patrol, penggunaan life jacket kembali dilupakan,” katanya, ketika ditemui saat patrol, Kamis (23/8/2019).

Kasat mengatakan, dalam melaksanakan patroli jajarannya langsung mengingatkan penumpang serta motoris untuk tidak lupa mengenakan pelampung keselamatan. Namun kenyataan di lapangan, katanya, ada saja penumpang yang merasa tidak nyaman mengenakan pelampung.

“Kita berupaya secara maksimal untuk memberikan pengertian kepada penguna jasa pentingnya mengunakan life jacket. Kita sayangkan, terkadang ada saja penumpang yang tidak mau menggunakan. Kita berikan penjelasan bahwa ini untuk menjaga keselamatan mereka,” terangnya.

Menurut Jumain, butuh tindakan tegas dinas terkait untuk menertibkan penggunaan life jacket. Pasalnya, jika langkah itu tidak dilakukan bisa dipastikan penggunaan pelampung tidak akan maksimal.

“Sebenarnya instansi terkait yang memiliki wewenang dapat memberikan tindakan jika tidak menaati ketentuan. Dan kami siap mem-backup (mendukung) untuk ini bisa berjalan sesuai dengan yang kita harapkan,” ujarnya.

Menurut informasi Polair, bahwa di setiap kelotok dan speed boat telah tersedia life jacket dan alat keselamatan lainya. Jumain juga mengingatkan kepada motoris dapat memberikan contoh kepada penguna jasa.

“Kita minta motoris dapat menjadi contoh terlebih dahulu dan mengingatkan penumpang. Terlebih lagi saat ini (Agustus-September) puncak gelombang besar,” imbuhnya. (k/syd/eny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button