Metropolis

Diduga Sengaja Dibakar, Bukit Cinta Dilalap Api selama 6 Jam

Lahan yang terbakar masih diselimuti asap. (Andrie/Diswaykaltim.com)

Balikpapan, Diswaykaltim.com – Lahan seluas 500 meter persegi pada Kamis (22/8/2019) dini hari sekira pukul 03.30 Wita terbakar. Bahkan hingga pukul 10.10 Wita api masih berkobar di kawasan Bukit Cinta RT 01 Kelurahan Gunung Sari Ulu, Balikpapan Tengah.

Camat Balikpapan Tengah Edy Gunawan yang memantau kejadian tersebut mengatakan, kebakaran ini diduga dilakukan oleh penjaga lahan PT Multi Pancang yang merupakan lokasi penampungan sampah material kayu dan bangunan.

Baca Juga

“Kebakaran ini terjadi pada pukul 3.30 Wita. Ini lokasinya tempat penampungan sampah material kayu dan bangunan punya PT Multi Pancang, tapi sudah almarhum yang punya. Ini hanya penjaganya saja,” ujarnya, Kamis (22/8/2019).

Lanjut Edy, sebenarnya penjaga lahan bernama Ian sudah berulang kali diperingatkan untuk tidak lagi menerima tampungan pembuangan material. Bahkan minggu lalu, pihak Lurah bersama Satpol PP telah mendatangi Ian dan memberi teguran langsung.

“Kawasan ini cukup berisiko, mudah longsor dan tidak layak untuk dibangun apalagi berbatasan dengan hutan kota dan komplek angkatan udara,” tegasnya.

Sementara itu, Waka Polsek Balikpapan Utara Iptu Wiyono menjelaskan, jika saat ini Ian telah dibawa dan diperiksa oleh kepolisian guna mencari keterangan lebih lanjut penyebab kebakaran ini.

“Kita amankan dulu penjaganya. Supaya jelas perkaranya, sebab akibatnya. Intinya kita dalami karena ada saksi,” ujarnya.

Hingga pukul 13.00 Wita, kondisi di lapangan masih berasap, petugas yang menurunkan lebih dari 12 tanki air pun masih bersiaga di lokasi. (k/bom/eny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button