Metropolis

Pencari Kerja di Samarinda Dominan Lulusan SMA/SMK

Lujah Irang. (Hadid/DiswayKaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Samarinda mulai fokus melakukan  pelatihan untuk menekan angka pengangguran.

Kepala Disnaker Samarinda Lujah Irang mengatakan telah mengadakan kerja sama dengan beberapa Balai Latihan Kerja (BLK) di berbagai kota. Hasilnya ada pelatihan untuk pencari kerja Samarinda yang diberangkatkan ke luar kota.

Baca Juga

Kata dia, bulan ini Samarinda mengirim 16 orang ke luar kota. Destinasi latihan kerja itu antara lain, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatera Utara.

“Kalau mereka kembali ada perusahaan yang menerima kerja,” ungkap dia.

Lujah menyebut, tingginya angka pencari kerja lantaran banyak anak SMA/SMK yang lulus sekolah. Dia berharap banyak investasi yang masuk ke Kota Tepian sehingga peluang lowongan kerja semakin menganga. Selain itu, kualitas tenaga kerja Samarinda juga harus ditingkatkan dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

“Disnaker Samarinda memang kekurangan anggaran. Tapi selama ini dibantu BLK Samarinda. Semua ditanggung mulai dari transportasi hingga akomodasi. Samarinda diuntungkan,” papar dia.

Berdasarkan data Disnaker Samarinda, jumlah pencari kerja menurut pendidikan sebanyak 10.800 pada tahun lalu. Angka ini didominasi lulusan SMA/SMK berjenis kelamin laki-laki sebanyak 4.734. Sedangkan lowongan kerja yang masuk ke Disnaker Samarinda sebanyak 1.225 pada tahun lalu. (hdd/boy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button