Metropolis

Besok, Jalan Masuk Pelabuhan Speed PPU Mulai Diperbaiki

Kondisi jembatan yang hangus terbakar. Pengguna jasa speed boat akan dialihkan ke akses alternatif. (Sayid/diswaykaltim.com)

Penajam, DiswayKaltim.com – Kebakaran yang melanda pelabuhan speed boat Penajam Paser Utara (PPU) mengganggu akses keluar masuk penumpang.

Dari 96 meter total bentangan jalan menuju pinggir pelabuhan, separuhnya atau 45 meter sudah hangus terbakar.

Baca Juga

Kondisi ini menyebabkan pemerintah harus bergerak cepat. Selain mengganggu, akses jalan di atas air itu cukup rapuh untuk dilewati.  Ini tentu saja membahayakan masyarakat yang melintas di atasnya.

Dinas Pekerjaan Umum (PU) PPU bersama instansi terkait telah melakukan rapat untuk memperbaiki jalan yang selalu dilalui penumpang itu.

Kabid Bina Marga Dinas PU PPU Edi Asmoro membenarkan bahwa pihaknya akan segera memperbaiki akses ke pelabuhan tersebut.

“Rencana besok (Selasa (13/8/2019), kita akan mulai perbaiki agar pelayanan di pelabuhan bisa maksimal kembali. Kita akan perbaiki seperti awal dulu,” ucapnya.

Pria berkacamata ini juga menjelaskan bahwa selama masa perbaikan akses keluar masuk pelabuhan sementara akan dialihkan.

“Akan ada jalan alternatif sementara untuk penumpang speed boat, kita berupaya secepatnya pekerjaan itu selesai,” ujarnya.

Edi mengatakan, bahwa perbaikan akan memakan waktu dalam satu minggu, sehingga secara otomatis jalan alternatif para penumpang akan digunakan selama satu minggu ke depan.

“Besok itu kita akan buat jalan pengalihan penumpang terlebih dahulu sebesar 2 meter dengan panjang 45 meter di sisi kanan jembatan yang terbakar,” terangnya.

Anggaran perbaikan akan menggunakan dana kas pemeliharaan di Dinas PU (Bina Marga) dan Dinas Perhubungan (Dishub) demi percepatan pekerjaan.

“Saat ini kita sedang menghitung berapa jumlah besaran anggaranya,” ucapnya.

Perbaikan  diperkirakan menelan dana mencapai Rp 200 juta. “Perkiran segitu, bisa kurang bisa lebih, mulai dari jembatan, pagar sampai atap. Besok kita akan mulai membeli material,” ungkapnya.

Kebakaran yang terjadi tidak hanya menghanguskan separuh akses jalan jembatan pelabuhan, namun juga enam kios dan satu bengkel speed boat ludes terbakar.

Menurut informasi yang dihimpun di lapangan, bahwa kios, bengkel dan stan ojek yang terbakar tidak termasuk dalam perbaikan yang akan dilakukan nantinya. “Kalau itu kita tunggu arahan pimpinan,” tutupnya.(k/syd/eny)

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button