Metropolis

Pertamina Tambah Stok Elpiji Sambut Iduladha

Pertamina MOR VI ingin memastikan stok elpiji tersedia menyambut Iduladha. Selain menambah pasokan, Pertamina juga membentuk satgas memastikan distribusi berjalan lancar. (ist)

Balikpapan, Disway Kaltim.com – Mengantisipasi tingginya penggunaan elpiji pada saat Iduladha 2019, Pertamina Marketing Operation Region VI (MOR VI) akan menambah stok elpiji di seluruh wilayah Kalimantan.

Region Manager Communication & CSR Pertamina Kalimantan Heppy Wulansari mengatakan, khusus untuk elpiji subsidi tabung berukuran 3 kilogram akan ditambah hingga 1.113 metrik ton atau sebanyak 371.080 tabung.

Baca Juga

“Penambahan dilakukan secara bertahap mulai tanggal 7 Agustus sampai 14 Agustus 2019,” katanya.

Pertamina memprediksi konsumsi elpiji meningkat pada saat Iduladha sebanyak 4 persen dari rata-rata harian normal. Dari data yang dikeluarkan, konsumsi gas elpiji sebanyak 1.165 MT/hari atau 389.481 tabung/hari dan akan menjadi 1.213 MT/hari atau sebanyak 404.333 tabung/hari.

“Konsumsi elpiji 3 kg pada Hari Raya Iduladha tahun ini naik sekitar 0.8 persen dibanding tahun lalu,” ujar Heppy.

Di wilayah Kalimantan Timur, penambahan fakultatif sebanyak 108.440 tabung. Sementara Kalimantan Utara terdapat penambahan 5.600 tabung. Di Kalimantan Selatan, ada 86.240 tabung, Kalimantan Tengah sebanyak 47.040 tabung, dan 123.760 tabung untuk wilayah Kalimantan Barat.

Untuk menghindari keterlambatan pasokan, Pertemina akan menugaskan satuan tugas (Satgas) pada H-3 sampai dengan H+3. “Satgas itu akan mengawal kelancaran distribusi elpiji di seluruh wilayah Kalimantan,” papar Heppy.

Dengan keberadaan satgas ini, Pertamina optimistis stok di lembaga penyalur resmi milik Pertamina, agen dan pangkalan senantiasa tersedia.

“Kami sudah imbau kepada pangkalan untuk dapat memastikan stok selalu ada, sehingga masyarakat dapat merayakan Hari Raya Iduladha dengan tenang,” bilang Heppy.

Karena itu, Pertamina berharap masyarakat membeli elpiji 3 kg di pangkalan resmi agar kualitas dan harga sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah (Harga Eceran Tertinggi /HET).

Namun lebih jauh, Heppy berharap masyarakat mampu, untuk segera beralih ke elpiji Bright Gas yang memiliki tiga varian. Yaitu, Bright Gas Can 220 gram, 5.5 kg, dan 12 kg.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button