Metropolis

DLH Samarinda Tantang Panitia Kurban Tak Pakai Plastik Bagikan Daging Kurban

banner diskominfo kaltim

Ilustrasi.

Samarinda, DiswayKaltim.com – Jangan ada lagi sampah dan limbah plastik menghiasi hari Raya Iduladha yang jatuh Minggu (11/8/2019) mendatang. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda menyebut volume sampah Kota Tepian sudah cukup tinggi.

Penegasan itu disampaikan Kepala DLH Samarinda, Nurrahmani. Menurutnya, pemkot sudah membuat edaran agar tidak menggunakan kantong plastik untuk membungkus daging kurban.

Baca Juga

“Surat edaran sudah kami buat, kami sampaikan ke pengurus masjid dan musala melalui kecamatan. Kami juga teruskan melalui dewan masjid,” terang Nurrahmani, Jumat (9/8/2019).

Surat edaran tersebut bernomor 000/188/100.14, ditujukan kepada pengurus masjid dan panitia kurban. Bukan tanpa alasan Pemkot Samarinda membuat edaran tersebut.

DLH Samarinda menyebut produksi sampah harian Kota Tepian mencapai 800 ton. Itu sudah termasuk limbah plastik dan lainnya. Kemudian estimasi penumpukan sampah per tahun mencapai 49.640 hingga 55.480 ton.
Karena itu, wajar jika pemkot berupaya menekan angka-angka itu melalui edaran.

Yama, sapaan akrabnya, menyebutkan edaran itu tidak serta merta langsung berdampak. Butuh proses untuk menyadarkan masyarakat.
Sebagai alternatif, dia mengimbau masyarakat menggantinya dengan daun pisang atau kantong ramah lingkungan.

“Kami juga menantang pengurus masjid dan lainnya, kalau ada yang membungkus menggunakan plastik ramah lingkungan upload di sosial media untuk disampaikan pula kepada masyarakat,” tegas Yama.

Dilansir dari national geographic.com, beberapa alternatif bisa digunakan sebagai pengganti pembungkus daging kurban. Diantaranya:

1. Daun pisang
Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Food Science and Technology, mengatakan bahwa daun pisang ini mengandung antibakteri dan antioksidan tinggi yang bermanfaat bagi tubuh.

2. Daun jati
Seperti daun pisang, daun jati juga memiliki antibakteri dan antimikroba. Sebuah penelitian dari Krishna University, India, menyebutkan bahwa daun dari tanaman kayu ini terkenal karena daya tahannya yang ekstrem, stabilitas dimensi dan kekerasan yang juga tahan terhadap pembusukan.
Tak salah jika daun jati juga dapat membungkus makanan yang memiliki kuah.

3. Daun kelapa
Beberapa penelitian di India juga menyebutkan bahwa daun kelapa ini memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang berguna untuk menyembuhkan luka.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button