Metropolis

Kukar Terpilih Menjadi Kota Kreatif se-Indonesia

Akbar Hamka, Wakil Ketua Komite Ekraf Kukar. (Rafii/disway)

Kukar, DiswayKaltim.com – Pemkab Kukar membentuk Komite Ekonomi Kreatif (Ekraf). Pasalnya Kukar terpilih menjadi kabupaten/kota kreatif di Indonesia, selain Malang, Palembang, dan Majalengka.

Pembentukan ini juga tindak lanjut pemkab Kukar dengan Badan Ekonomi Kreatif. “Kukar sendiri terpilih sebagai kabupaten dengan leading sector seni pertunjukan yang didukung seni musik dan seni film,” terang Wakil Ketua Komite Ekraf, Akbar Haka pada DiswayKaltim.com di Kantor Bappeda Kukar, Rabu (7/8/2019).

Baca Juga

Akbar melanjutkan Kukar tidak lagi berfokus pada Sumber Daya Alam yang bakal habis. Pihaknya lebih mendorong pemkab untuk beralih kepada ekonomi kreatif.

Dengan terpilihnya leading sector Kabupaten Kukar pada seni pertunjukan, seni musik dan seni film, Akbar berharap ketiga elemen ini menjadi gerbong untuk mendorong ekonomi kreatif lainnya dapat mengikuti.

Untuk tahap awalnya, Komite Ekraf bersama Bupati Kutai Kartanegara berharap Kabupaten Kukar memiliki creative hub, yang dimana disana memiliki gedung pertunjukan, studio masing-masing komunitas yang tergabung dalam 3 elemen penting tadi.

“Gedung pertunjukan kita maunya multifungsi, jadi komunitas apa saja boleh pakai selama ada muatan ekonomi kreatifnya,” lanjut Akbar.

Tidak hanya sampai disitu, di sekitar creative hub (pusat kreatif, Red) tersebut akan disediakan titik untuk kuliner yang memiliki nilai ekonomi kreatif namun tidak meninggalkan kearifan lokal.
“Sehingga bisa di combine menjadi ciri khas Kutai kartanegara,”tutup Akbar. (M3/boy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button