Metropolis

Dikasih Makan Telur Bebek, Sapi “Limosin” Laku Rp 77 Juta

Sapi “Limosin” yang diperlakukan spesial. Dipikir-pikir hingga diberi makan telur bebek. (Fey/diswaykaltim.com)

Balikpapan, Disway Kaltim.com– Seorang pedagang hewan kurban di Jalan Indrakila Balikpapan Utara berhasil menjual seekor sapi dengan harga Rp77 juta.

Nilai jual sapi itu hampir 4 kali lipat dari sapi biasa yang dijual di pasaran. Meski terlihat sangat mahal, harga sapi itu dinilai sangat wajar jika melihat ukurannya.

“Ini memang berbeda dengan sapi-sapi biasanya. Kalau kami (penjual sapi) bilang, ini jenisnya Limosin. Makanannya selain rumput, juga ditambah telur bebek,” kata Abdul Muis, si penjual.

Dia bilang, sapi jenis Limosin itu berasal dari Gorontalo. Provinsi di semenanjung Pulau Sulawesi itu memang dikenal sebagai pemasok sapi.

Menurut pemiliknya, tiga bulan sekali, ia suguhkan telur bebek dan ampas tahu ke si Limosin. Tujunnya, selain menjaga agar tubuh si sapi bugar, juga supaya beratnya naik dan kulitnya mulus, mengkilat. “Ampas tahu supaya perut sapi nggak kembung,” katanya.

Bahkan, ia tak segan memberikan terapi buat sapi itu. Caranya dengan memijat sapi dari bagian belakang hingga leher.

“Suka dielus-elus, kalah-kalah pelihara istri,” kata Muis sambil tertawa. Abdul Muis mengaku sudah memelihara sapi Limosin selama setahun. Ia beli tahun lalu kemudian dipelihara. Meski begitu, Muis tak tahu persis usia sapi jantan miliknya.

Saat ini, sapi Liomosing Muis beratnya lebih dari 1 ton. “Di Balikpapan, saya berani bilang ini yang paling besar,” klaim penjual sapi musiman itu. Kalau dipotong, kata Abdul Muis, “dagingnya bisa mencapai 400 kilo,” imbuhnya.

Sapi Limosin ini ditawarkan Rp 80 juta. Namun seorang warga yang tinggal di Jalan Martadinata, Balikpapan Tengah menawarnya Rp 77 juta. Sementara untuk sapi jenis lainnya, Abdul Muis menjual mulai Rp 20 juta per ekor. “Sudah laku 11 ekor, penjualan tahun ini lumayan. Tahun lalu saya bisa menjual lebih 20 ekor,” katanya.

Sebelum melepas ke pasar, sapi-sapi kurban telah melalui tahap pemeriksaan kesehatan oleh dinas terkait. Hewan kurban yang lolos pemeriksaan kesehatan akan mendapatkan surat keterangan. (k/fey/eny)

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button