KaltaraMetropolis

Jamaah Calon Haji Bulungan Berangkat lewat Berau

Calon jemaah haji Bulungan yang tiba di Bandara Kalimarau dari Bulungan menempuh jalur darat. (Heri Muliadi/DiswayKaltara)

Bulungan, DiswayKaltim.com – Sebanyak 157 jamah calon haji Kabupaten Bulungan ditambah petugas haji 2 orang, diberangkatkan lewat Kabupaten Berau, Kamis (1/8/2019).

Pasalnya, tahun ini sudah tidak melalui rute Tarakan dengan menggunakan speedboat menuju Bandara Juwata Tarakan. Melainkan melalui perjalanan darat ke Bandara Kalimarau Berau.

Baca Juga

Diungkapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bulungan Hamzah rute itu lebih efisien.

“Rute ini lebih baik, karena barang-barang sekali naik langsung menuju bandara. Jika melalui Tarakan cukup kerepotan karena barang dinaikkan speedboat lalu diturun dan memakai kendaraan lagi ke Bandara Juwata,” ujar Hamzah kepada DiswayKaltara, Kamis (1/8).

Hanya saja sebelum berangkat, para jamaah  Bulungan ini berkumpul di satu titik yakni Masjid Agung Istiqomah Tanjung Selor. Ada beberapa rangkaian yang harus dilakukan sebelum keberangkatan, kata dia untuk pengangkutan jemaah ini Kemenag Bulungan memakai 9 armada bus Damri.

“Jadi mereka ini akan laksanakan salat dan pembacaan surah yasin,” bebernya.

Walaupun terpisah dengan jemaah lainnya seperti dari Kota Tarakan, Kabupaten Malinau, dan Kabupaten Tana Tidung (KTT), namun setelah tiba di Embarkasi Balikpapan bakal bersatu lagi, karena ke 4 wilayah ini tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 14, yang nantinya akan langsung terbang menuju Madinah, Arab Saudi.

“Jadi kita masuk kloter 14, yang jumlahnya mencapai 450 orang,” sebutnya. (*/ady/app)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button